Yuk Intip Peringatan Hari Waisak di Indonesia, yang Diselenggarakan di Tiap Tempat Suci Berupa Candi

Yuk Intip Peringatan Hari Waisak di Indonesia, yang Diselenggarakan di Tiap Tempat Suci Berupa Candi

Ilustrasi Hari Waisak-Pinterest - Tangkapan Layar -radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Tepatnya hari ini, tanggal 23 Mei 2024, merupakan momen hari libur nasional yang ada di Indonesia, hingga tanggal 24 Mei 2024 juga turut diadakan cuti bersama

Momen hari libur nasional 23 Mei 2024 ini bertepatan dengan Hari Waisak, Hari suci umat Buddha, atau yang biasa dikenal juga sebagai Hari Raya Tri Suci Waisak 2568 Buddhis Era (BE), seperti dilansir dari Ditjen Bimas Buddha Kementerian Agama RI. 

Pada saat Hari Waisak tiba, di Indonesia juga akan diadakan beberapa acara terkait memperingati Hari Waisak seperti kegiatan keagamaan, ceramah spiritual, meditasi, upacara keagamaan yang diselenggarakan di vihara-vihara. Tujuan peringatan Hari Waisak sendiri yaitu untuk memperingati tiga peristiwa penting dalam kehidupan Siddhartha Gautama, yang dikenal sebagai Buddha.

Nah, pada artikel berikut ini akan membahas perayaan untuk peringatan Hari Waisak yang diselenggarakan di tiap tempat suci berupa Candi di Indonesia serta serba-serbi dan keunikan dari peringatan Hari Waisak di Indonesia, yuk intip dan simak selengkapnya disini.

BACA JUGA:Tanggal Merah 23 Mei 2024 itu Hari Apa? Ini Info Cuti Bersama dan Long Weekend yang Cocok untuk Liburan 

Dilansir dari perkataan Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Buddha, Supriyadi menjelaskan bahwa kebangkitan spiritual adalah inti dari ajaran sang Buddha Gautama, lebih lanjut ia juga menerangkan bahwa Kementerian Agama RI telah menetapkan tema peringatan Hari Raya Tri Suci Waisak 2568 BE/2024 sebagai "Kesadaran Keberagaman Jalan Hidup Luhur, Harmonis dan Bahagia".

Tema Hari Waisak 2024 di Indonesia adalah "Kesadaran Keberagaman Jalan Hidup Luhur, Harmonis dan Bahagia" maksudnya adalah untuk mengenai tentang kebangkitan spiritual dan pentingnya menerapkan ajaran-ajaran Waisak dalam kehidupan sehari-hari.

Lebih lanjut tutur Supriyadi mengatakan,"Tema peringatan Tri Suci Waisak 2568 BE memberi pesan kepada kita bahwa perbedaan bukanlah sesuatu yang harus diperdebatkan dan dipertentangkan.

Untuk keunikan dari serba-serbi peringatan serta perayaan Hari Waisak di Indonesia diantaranya seperti, upacara dan kegiatan keagamaan yang penuh rasa spiritual yang tersebar di seluruh Vihara-vihara di Indonesia dalam suasana khidmat dan harmonis.

BACA JUGA:Jadwal Bioskop XXI CSB Mall Cirebon Kamis 23 Mei 2024 Rayakan Hari Libur dengan Film Garfield yang Baru Tayang

Tutur Supriyadi, peringatan dan perayaan Hari Waisak akan diselenggarakan di berbagai tempat suci di Indonesia, termasuk Candi Borobudur di Jawa Tengah yang menjadi pusat perayaan terbesar.

Lebih lanjut, Supriyadi menambahkan bahwa selain di Candi Borobudur, ada juga Candi lainnya seperti: Candi Sewu, Candi Muara Takus, Candi Muara Jambi, dan Candi Sojiwan, Puja Bhakti menyongsong detik-detik Waisak juga digelar di berbagai Vihara-vihara. 

Selain itu ada juga sejumlah sub tema yang diusung oleh berbagai Lembaga Keagamaan Buddha, di antaranya:

Sangha Agung Indonesia (SAGIN) : Keharmonisan Merupakan Pedoman Hidup Berdampingan Dalam Berbangsa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: