Tanggal Merah 23 Mei 2024 itu Hari Apa? Ini Info Cuti Bersama dan Long Weekend yang Cocok untuk Liburan 

Tanggal Merah 23 Mei 2024 itu Hari Apa? Ini Info Cuti Bersama dan Long Weekend yang Cocok untuk Liburan 

Tanggal Merah 23 Mei 2024 adalah peringatan Hari Waisak.-Pinterest - Tangkapan Layar -radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Ada libur nasional di tanggal 23 Mei 2024, lantas untuk memperingati hari apa libur nasional ini? Dan apa benar bertepatan dengan momen hari long weekend yang nanti cocok jika untuk mengambil agenda liburan, di hari libur nasional dan cuti yang cukup panjang ini?

Pencarian di Google sempat melonjak untuk kueri Tanggal 23 Mei 2024 Hari Apa, setelah ditelusuri bahwa tanggal merah yang jatuh bertepatan di tanggal 23 Mei 2024 tepatnya hari ini, adalah Hari Waisak.

Berdasarkan imformasi dari pemerintah yang telah menetapkan sejumlah libur nasional dan cuti bersama di bulan Mei 2024 dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) Tiga Menteri. Pada pekan ini akan ada libur panjang atau long weekend. Nah, momen long weekend ini cocok sekali jika masuk ke agenda liburan Anda. 

Bagi Anda yang merayakan Hari Waisak, semoga selalu diberi ketenangan dan penerangan serta Anda selalu damai dan sejahtera, semoga kedamaian dan ajaran Buddha yang agung, selalu menyertai semua. 

BACA JUGA:Buron 8 Tahun Kasus Pembunuhan Vina Cirebon, DPO Pegi Setiawan alias Perong Diamankan Kepolisian 

Pemerintah telah menetapkan sejumlah tanggal sebagai hari libur nasional dan cuti bersama dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) Tiga Menteri Nomor 855 Tahun 2023, Nomor 3 Tahun 2023, dan Nomor 4 Tahun 2023.

Melalui surat keputusan tersebut, tanggal 23 Mei 2024 adalah libur nasional Hari Raya Waisak 2568 BE. Sedangkan, 24 Mei 2024 merupakan cuti bersama dalam memperingati Hari Raya Waisak.

Sebagian besar instansi pemerintah atau swasta umumnya memberlakukan libur di hari cuti bersama. Bagi Aparatur Sipil Negara (ASN), cuti bersama tidak mengurangi akumulasi cuti tahunan. Bagi pegawai swasta, disesuaikan dengan kebijakan perusahaan yang berlaku.

Uniknya, momen peringatan Hari Waisak ini pas sekali jatuh pada hari Kamis, dan Jumat untuk cuti bersama nya, jadi sabtu dan minggu yang merupakan hari weekend, bisa dikategorikan menjadi hari libur long weekend, yang pastinya dapat dijadikan opsi yang sesuai bagi Anda yang ingin rehat sejenak dari rutinitas serta mengambil waktu liburan.

BACA JUGA:TERUNGKAP! Satu DPO Kasus Pembunuhan Vina Cirebon PEGI Alias Perong Telah Ditangkap, Berikut Tampangnya

Sekadar informasi yang dikutip dari laman Kementerian Agama (Kemenag) RI, perayaan Hari Raya Waisak 2568 BE/2024 mengusung tema utama "Kesadaran Keberagaman Jalan Hidup Luhur, Harmonis dan Bahagia." 

Tema ini memiliki tujuan agar umat Buddha saling memahami dan mentoleransi adanya perbedaan. Perbedaan sudah seharusnya dimaknai sebagai keberagaman yang saling menguatkan satu sama lain ketika menapaki hidup luhur untuk mencapai hidup yang bahagia. Sesuai ajaran kedamaian dari Buddha yang penuh makna.

Lebih lanjut, sekadar untuk diketahui bahwa kegiatan perayaan Hari Raya Waisak di Indonesia berpusat di komplek Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Namun, perayaan Waisak juga dilaksanakan di beberapa tempat seperti Candi Sewu, Candi Muara Takus, Candi Muara Jambi, dan Candi Sojiwan.

Dan, jika Anda yang mendapatkan kesempatan cuti di Hari Waisak ini, maka bisa Anda manfaatkan untuk mengambil agenda liburan, banyak opsi yang bisa Anda lakukan pada saat liburan, Anda bisa pergi ke mana saja, mengunjungi tempat wisata, belanja di mall, healing dan menyendiri, santap ria di cafe, semua tergantung Anda. Pun merayakan hari libur dengan tidur seharian untuk membangkitkan energi di hari kerja nanti setelah cuti, juga tak masalah, karena Anda berhak libur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: