Rahasia Panjang Umur Orang Jepang Hingga Berusia 95 Tahun, Ini Dia Rahasianya!

Rahasia Panjang Umur Orang Jepang Hingga Berusia 95 Tahun, Ini Dia Rahasianya!

Umur panjang -Radarmajalengka.com-Halodoc - tangkapan layar

RADARMAJALENGKA.COM - Menurut data terbaru yang disajikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada 2019, rata-rata angka harapan hidup di dunia adalah 73,3 tahun. Jepang menjadi negara dengan angka harapan hidup tertinggi di dunia, yakni 84,3 tahun.

Ini artinya, rata-rata masyarakat Jepang hidup hingga usia 84 tahun. Angka ini sangatlah kontras dengan angka harapan hidup penduduk Indonesia yang hanya mencapai 69,19 tahun.

Tak cuma itu, Jepang juga terkenal memiliki populasi centenarian (orang yang hidup hingga usia 100 tahun dan lebih) terbanyak di dunia. Mayoritas centenarian di Jepang berada di Pulau Okinawa, yang kerap dijuluki pulau umur panjang.

Berikut ini 4 rahasia panjang umur oleh orang jepang:

BACA JUGA:Voice Over : Definisi, Keterampilan Yang Diperlukan Hingga Tangtangan Mejadi Voice Over

1.Ikigai

Héctor García dan Francesc Miralles telah melakukan studi khusus untuk meneliti rahasia hidup sehat dan panjang umur orang Okinawa. Hasil studi itu mereka dokumentasikan dalam buku Ikigai: The Japanese Secret to a Long and Happy Life.

Buku tersebut mengungkap bagaimana setiap penduduk Okinawa, dan kebanyakan orang Jepang lainnya, memiliki ikigai masing-masing. Ikigai didefinisikan sebagai tujuan hidup yang membuat mereka bersemangat untuk bangun setiap pagi dan memulai hari.

BACA JUGA:Sering Merasa Mood Tidak Baik-baik Saja? Ini Cara Membangun Mood Dengan Baik Untuk Keseimbangan Emosional

Ikigai juga mengacu pada konsep kebahagiaan dan dalam aktivitas kecil sehari-hari daripada mencapai tujuan akhir yang menjanjikan kebahagiaan. Faktanya, ikigai menjadi alasan seseorang untuk hidup bahkan ketika mereka sedang tidak bahagia atau sengsara.

BACA JUGA:Daun Salam : Dikenal Banyak Manfaatnya, Ini Cara Penggunaan dan Fakta Menarik Dari Daun Salam

2.Berkebun

Hampir semua centenarian di Okinawa memiliki kebun sendiri di pekarangan rumahnya. Berkebun adalah sumber aktivitas fisik harian yang melatih tubuh dengan berbagai gerakan dan membantu mengurangi stres. Kebun juga menjadi sumber sayuran segar yang mereka konsumsi setiap hari.

BACA JUGA:Sinopsis Dari Buku “Sebuah Seni Untuk Bersikap Bodo Amat” Karya Mark Mansoon : Menjadi Lebih Tenang dan Bahag

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarmajalengka.com