5 Olahraga Tanpa Menggunakan Alat, Bikin Tubuh Makin Sehat dan Bugar

5 Olahraga Tanpa Menggunakan Alat, Bikin Tubuh Makin Sehat dan Bugar

Push Up-pixabay.com-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COMOlahraga bisa membuat tubuh sehat dan bugar, Olahraga pun banyak macamnya ada yang harus menggunakan alat tertentu dan ada juga yang tidak.

Jangan berpikir bahwa olahraga hanya dilakukan di lapangan yang luas, stadion, gym, trek tertentu atau bahkan harus menggunakan alat yang mahal. Padahal banyak juga olahraga yang bisa dilakukan di rumah, seperti peregangan ringan, yoga, dan lain sebagainya. Olaharaga pun ada juga yang tanpa perlu menggunakan alat, kira-kira olahraga apa saja ya yang tanpa perlu menggunakan alat? Mari simak penjelasannya.

BACA JUGA:Alasan Anak Perempuan Menyukai Olahraga? Calon Pemimpin di Masa Depan

1. Jalan 

Olahraga jalan tidak harus di lapangan atau trek tertentu. Berjalan-jalan bisa di koridor atau halaman rumah. Bisa juga dengan mencoba naik turun tangga di rumah.  Jika memungkinkan untuk keluar rumah, bisa berjalan mengelilingi komplek, gang atau hanya sekitaran rumah saja, dengan begini langkah kaki akan terhitung lebih banyak sekaligus bisa untuk menghirup udara pagi yang masih asri dan segar. Berjalan merupakan salah satu olahraga kardio yang bisa menjaga kesehatan jantung. 

2. Squat 

Manfaat melakukan squat adalah membakar lebih banyak lemak, melatih keseimbangan, melatih otot inti dan punggung, serta meningkatkan sirkulasi darah. Banyak yang mengeluhkan area punggung bawah menjadi sakit jika melakukan squat, tetapi bisa lakukan cara di bawah ini untuk meminimalisasi rasa sakit:

  • Berdiri tegak untuk awalan squat.
  • Buka kaki selebar pinggul.
  • Dorong punggung ke belakang hingga badan turun, Anda bisa posisikan tangan di depan untuk menjaga keseimbangan.
  • Dorong badan ke atas kembali dan ulangi langkahnya.

Posisikan tubuh agar tidak membungkuk dan pastikan membusungkan dada serta menyejajarkan badan dengan lantai saat mendorong badan turun.

BACA JUGA:Disiplin Dalam Olahraga Bukan Hanya Sekadar Disiplin Dalam Latihan, Perhatikan Aspek-Aspek Berikut!

3. Push Up

Olaharaga tanpa alat yang selanjutnya adalah push up. Push-up adalah gerakan yang menggabungkan kinerja banyak otot sekaligus, di antaranya otot inti, otot lengan, otot tubuh bagian bawah, dan otot bahu. Push up mempunyai banyak manfaat diantaranya yaitu dapat memperlancar peredaran darah sehingga cocok untuk kesehatan jantung. Cara untuk melakukan push up yaitu:

  • Rentangkan kaki ke belakang dan seimbangkan tubuh.
  • Tarik bagian pusar ke arah tulang belakang.
  • Turunkan tubuh perlahan dengan menekuk siku sampai dada menyentuh lantai.
  • Dorong tubuh ke posisi awal dengan merentangkan siku, ulangi langkahnya.

4. Sit Up

Gerakan sit up merupakan gerakan untuk memperkuat otot-otot perut. Cara ini sangat efektif untuk mengencangkan otot-otot perut yang masih kendur. Cara untuk melakukan sit up yaitu:

  • Pilihlah matras yang nyaman, usahakan jangan melakukan sit up langsung di lantai karena berisiko menyebabkan nyeri di punggung dan tulang ekor, bahkan memar.
  • Berbaring telentang pada matras.
  • Tekuk lutut dengan posisi kedua telapak kaki menapak ke lantai.
  • Letakkan kedua tangan di belakang kepala dan angkat leher sedikit dari permukaan lantai.
  • Dengan menggunakan otot perut, angkat punggung secara perlahan sambil mengembuskan napas hingga berada pada posisi duduk meringkuk, yang ditandai dengan dada sejajar dengan lutut.
  • Turunkan punggung kembali ke posisi semula secara perlahan sambil menarik napas.

BACA JUGA:Rekomendasi Aroma Parfum yang Cocok Dipakai saat Siang Hari, Bikin Fresh dan Tahan Lama

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: