Ternyata Petai Memiliki Banyak Khasiat Bagi Tubuh Loh! Simak Beberapa Khasiatnya

Ternyata Petai Memiliki Banyak Khasiat Bagi Tubuh Loh! Simak Beberapa Khasiatnya

Petai menyehatkan tubuh -Kompas.com-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Sayuran petai kerap kali digunakan sebagai lalapan atau pelengkap hidangan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Rasa dan aromanya yang khas membuat petai begitu digemari, terutama untuk dihidangkan dengan sambal atau sajian masakan pedas lainnya. Namun tak sedikit pula yang memilih untuk tidak mengonsumsi petai, karena aroma kuatnya yang sering tertinggal di mulut usai dikonsumsi. Padahal, terlepas dari aromanya yang begitu kuat, petai merupakan salah satu Sayuran yang menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan. Dengan begitu banyaknya manfaat petai, tak heran jika Sayuran dengan nama latin Parkia speciosa ini banyak digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi beragam penyakit. Berikut berbagai manfaat petai untuk kesehatan fisik dan psikis pada manusia, seperti berikut ini:

1. Mengontrol Gula Darah

Gula darah dalam tubuh manusia berperan banyak dalam kesehatan, termasuk menimbulkan risiko penyakit berbahaya seperti diabetes, apabila kadarnya tidak dapat terkontrol. Kandungan antioksidan, zat kimia beta-sitosterol dan stigmasterol pada petai mampu menjaga gula darah agar tidak melonjak naik.

BACA JUGA:5 Manfaat Yang Terkandung Dalam Pisang Kepok Menyehatkan Bagi Tubuh

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan serat, antioksidan tinggi, serta elektrolit dan mineral seperti kalium dalam petai mampu mengendalikan agar tekanan darah tetap stabil. Dengan demikian, jantung dapat menjalankan fungsinya dengan lebih baik yakni memompa darah ke seluruh tubuh secara lancar. Serat dan antioksidan juga dapat membantu mencegah pertumbuhan plak pada pembuluh darah jantung.

3. Menangkal Radikal Bebas

Kadar antioksidan yang tinggi dalam petai mampu menjaga sel-sel tubuh agar kebal terhadap dampak radikal bebas. Dengan manfaat petai ini, risiko penyakit jantung, kanker, katarak, hingga penuaan dini dapat terhindarkan.

BACA JUGA:Air Rebusan Daun Cabai Memiliki Banyak Manfaat?! Berikut Deretan Manfaatnya Bagi Tubuh

4. Memperbaiki Masalah Sistem Pencernaan

Manfaat petai dipercaya baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan, terutama organ lambung. Bahkan masalah luka lambung juga dapat diatasi dengan mengonsumsi petai. Kandungan serat dalam petai juga membuat sayuran ini bermanfaat untuk melancarkan saluran pencernaan dan mampu mengatasi masalah pada pencernaan, termasuk sembelit.

BACA JUGA:Ingin Mencerahkan Kulit? Berikut Buah Buahan Yang Dapat Mencerahkan Kulit Dari Dalam

5. Membantu Mengurangi Berat Badan

Serat makanan memperlambat penyerapan glukosa dari usus dan mencegah peningkatan cepat kadar insulin darah Karenanya, serat alami membuat perut terasa kenyang lebih lama sehingga dorongan untuk makan atau ngemil pun dapat berkurang. Hal ini juga bermanfaat bagi penderita diabetes serta orang-orang dengan kondisi obesitas. Itulah khasiat dan manfaat yang terkandung dalam petai untuk kesehatan tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: