Sayuran Kailan Yang Jarang Diketahui Namun Dapat Menjaga Kesehatan Usus Loh! Berikut Beberapa Manfaatnya

Sayuran Kailan Yang Jarang Diketahui Namun Dapat Menjaga Kesehatan Usus Loh! Berikut Beberapa Manfaatnya

Manfaat sayuran kailan yang baik untuk tubuh -Kompas.com-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Kailan merupakan salah satu jenis sayuran dari keluarga kubis yang biasanya ditemukan di Cina dan beberapa negara di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. sayuran ini memiliki daun berwarna hijau tua dengan bentuk lurus dan sedikit keriting, serta batang yang tebal dan keras. Melihat banyaknya nutrisi yang ada di dalam Kailan, bukan hal mengejutkan bila sayuran ini memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Berikut ini adalah beberapa manfaat Kailan yang sayang dilewatkan:

BACA JUGA:Solusi Untuk Masalah Kulit Kepala Shampoo Yang Cocok Untuk Menghilangkan Ketombe

1. Mengontrol kadar gula darah

Mengonsumsi makanan yang mengandung asam fenolik seperti kailan juga baik untuk penderita diabetes tipe 2. Hal ini karena asam fenolik dipercaya mampu mencegah pemecahan pati menjadi gula, sehingga menurunkan risiko terjadinya lonjakan gula darah pada penderita diabetes tipe 2, terutama setelah makan.

2. Meningkatkan proses detoksifikasi racun di hati

Berkat kandungan klorofil di dalamnya, mengonsumsi kailan secara rutin diketahui dapat meningkatkan kemampuan hati dalam membersihkan tubuh dari kotoran, racun, dan zat lain yang dapat membahayakan kesehatan. Proses inilah yang disebut sebagai detoksifikasi hati.

3. Meningkatkan penyerapan zat besi

Selain dapat mempercepat proses penyembuhan luka, kandungan vitamin c di dalam kailan juga dapat meningkatkan penyerapan zat besi, yaitu mineral yang berperan penting dalam pembentukan hemoglobin. Dengan begitu, tubuh juga akan terhindar dari anemia defisiensi zat besi.

4. Menjaga kesehatan usus

Kailan juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan usus. Kandungan antioksidan polifenol, terutama asam fenolik, dalam kailan diketahui mampu merangsang pertumbuhan bakteri baik atau probiotik di dalam usus.

BACA JUGA:Apakah Cirebon Masuk Kawasan Gunung Ciremai? Berikut 14 Fakta Infografis Gunung Ciremai.

5. Mempercepat proses penyembuhan luka

Mengonsumsi kailan secara rutin juga bermanfaat untuk mempercepat proses penyembuhan luka. Manfaat ini diperoleh berkat kandungan vitamin C di dalam kailan yang mampu mempercepat pembentukan jaringan kulit dan merangsang produksi kolagen. Tak hanya itu, kandungan klorofil dalam kailan juga dapat mengurangi peradangan dan mencegah pertumbuhan bakteri pada luka. Dengan begitu, luka pun akan sembuh lebih cepat. Itulah manfaat kailan untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: