5+ Manfaat Kacang Hijau Yang Bagus Untuk Kesehatan Tubuh

5+ Manfaat Kacang Hijau Yang Bagus Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat tersembunyi dari kacang hijau -UMSU-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Kacang hijau merupakan jenis Kacang-kacangan yang berasal dari India. Meski begitu, jenis Kacang yang satu ini sudah banyak ditemukan di sebagian besar negara di dunia, salah satunya Indonesia. Di Indonesia, Kacang hijau sering diolah menjadi makanan dan minuman, misalnya bubur Kacang hijau dan es Kacang hijau. Selain rasanya yang lezat, Kacang hijau juga bisa memberikan manfaat kesehatan karena mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk tubuh. Tak hanya itu, Kacang hijau juga diketahui mengandung vitamin dan mineral lainnya, seperti vitamin B, vitamin C, folat, dan magnesium. Ada beragam manfaat Kacang hijau untuk kesehatan yang dapat diperoleh dan sayang jika dilewatkan, antara lain:

1. Menangkal radikal bebas

Manfaat kacang hijau lainnya yang tidak kalah penting adalah menangkal radikal bebas penyebab kerusakan pada jaringan tubuh. Manfaat ini bisa dirasakan berkat tingginya kandungan antioksidan dalam kacang hijau. Dengan mengonsumsi makanan tinggi antioksidan, tubuh Anda pun menjadi tidak rentan terkena penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan kanker.

BACA JUGA:Ternyata Kacang Panjang Memiliki Beberapa Manfaat Yang Penting Untuk Tubuh Loh! Berikut Beberapa Manfaatnya

2. Menjaga berat badan

Salah satu manfaat kacang hijau untuk tubuh adalah menjaga berat badan. Kandungan serat dalam kacang hijau bisa memberikan efek kenyang lebih lama sehingga membuat Anda mampu mengontrol nafsu makan. Dengan begitu, Anda tidak akan makan secara berlebihan dan berat badan pun akan tetap terjaga.

3. Mencegah anemia

Manfaat kacang hijau lainnya adalahnya mencegah anemia. Manfaat ini didapat dari berbagai kandungan mineral dalam kacang hijau, seperti zat besi, kalsium, fosfor, natrium, dan juga kalium. Mineral-mineral tersebut dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi sel darah merah dan mencegah terjadinya anemia.

BACA JUGA:Anggur Brazil di Majalengka, Menghasilkan 7 Rasa yang Berbeda Disetiap Pohonnya

4. Melancarkan pencernaan

Kandungan serat dalam kacang hijau juga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Manfaat ini turut didukung oleh kandungan pati yang tinggi dalam kacang hijau. Serat maupun pati merupakan kandungan yang bisa meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di dalam usus. Jumlah normal dari bakteri baik di usus tentunya dapat melancarkan pencernaan dan menurunkan risiko Anda mengalami sembelit.

5. Meningkatkan stamina tubuh

Kacang hijau juga dapat menjadi sumber energi karena mengandung karbohidrat kompleks. Jenis karbohidrat yang satu ini akan diolah menjadi pasokan energi untuk tubuh sehingga membuat Anda lebih bertenaga dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

BACA JUGA:Inilah Manfaat Daun Salam untuk Masakan, Menambah Cita Rasa dan Khasiat Sehat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: