Ini Dia Deretan Manfaat Ikan Untuk Kesehatan Tubuh Yang Jarang Diketahui

Ini Dia Deretan Manfaat Ikan Untuk Kesehatan Tubuh Yang Jarang Diketahui

Manfaat ikan yang jarang diketahui -Bola.com-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Ikan dikenal sebagai sumber protein yang baik bagi tubuh, selain daging dan ayam. Sayangnya, konsumsi Ikan di Indonesia masih sedikit. Padahal, ada beragam manfaat Ikan, baik untuk anak-anak, hingga orang dewasa. Konsumsi Ikan di Indonesia masih tergolong rendah, terutama untuk penduduk di Pulau Jawa. Banyak penduduk Indonesia yang lebih memilih makan daging sapi dan ayam sebagai sumber protein dibandingkan Ikan. Padahal, zat gizi dalam Ikan tak kalah tinggi. Ditambah lagi, harga Ikan mungkin lebih terjangkau dibandingkan daging dan ayam. Oleh karena itu, Anda perlu tahu berbagai manfaat makan Ikan di bawah ini:

1. Mengurangi risiko depresi

Ikan dapat membantu mengurangi risiko kondisi depresi. Hal ini mungkin karena kandungan omega-3 dalam ikan. Omega-3 membantu mempertahankan dan meningkatkan kualitas struktur otak sehingga fungsinya tetap terjaga. Hal inilah yang turut membantu mengurangi gejala depresi.

BACA JUGA:Hobi Lari? Berikut Deretan Manfaat Lari Bagi Kesehatan Tubuh

2. Membantu pertumbuhan otak anak

Selain protein yang tinggi, ikan juga mengandung asam lemak omega-3. Omega-3 adalah zat gizi yang dibutuhkan sebagai makanan untuk pertumbuhan otak bayi dan menjaga kesehatan otak pada orang tua. Asam lemak omega pada ikan baik meningkatkan fungsi otak, terutama untuk kemampuan belajar, ingatan, dan perkembangan otak.

3. Menurunkan risiko penyakit Alzheimer

Masih berkaitan dengan otak, manfaat ikan ini baik untuk orang dewasa. Orang yang makan ikan dengan cara dipanggang memiliki volume otak lebih besar dengan sel otak lebih besar. Para ahli percaya volume otak yang lebih besar bisa meningkatkan fungsi ingatan dan pembelajaran. Orang yang memiliki volume otak lebih besar juga diyakini memiliki risiko penurunan fungsi kognitif otak dan penyakit Alzheimer yang lebih rendah.

BACA JUGA:5 Fakta Menarik atau Funfact dari RA Kartini Sang Pahlawan Kemerdekaan Indonesia 

4. Turunkan risiko penyakit jantung

Manfaat ikan yang satu ini berasal dari kandungan mineral yang dapat membantu menurunkan tekanan darah, seperti kalsium, kalium, dan dan magnesium. Kalium dan magnesium membantu melemaskan dinding jantung. Kalium juga menjaga detak jantung agar tetap normal.

BACA JUGA:Sejarah Singkat Kartini, Pernah Belajar Bahasa Belanda Simak Selengkapnya

5. Kesehatan tulang dan gigi

Ikan merupakan sumber mineral yang penting untuk kepadatan tulang, seperti kalsium dan fosfor. Selain itu, ikan juga kaya akan vitamin D yang membantu penyerapan kedua mineral tersebut. Ketiga kandungan ini tentu dibutuhkan untuk kesehatan sistem gerak, seperti pertumbuhan tulang dan gigi anak, hingga mengurangi risiko osteoporosis pada orang dewasa dan lansia. Itulah manfaat yang terkandung dari ikan untuk kesehatan tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: