Hobi Lari? Berikut Deretan Manfaat Lari Bagi Kesehatan Tubuh

Hobi Lari? Berikut Deretan Manfaat Lari Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat lari untuk kesehatan tubuh dan fisik-Alodokter-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Manfaat lari secara rutin dikenal dapat menjaga kebugaran tubuh. Hal ini karena lari termasuk aktivitas fisik yang dapat meningkatkan kerja jantung, otot, sistem pernapasan, dan sistem imun. Olahraga lari memberikan beragam manfaat, baik untuk kesehatan fisik maupun mental. Selain itu, berlari cukup mudah dan murah dilakukan sehingga sering disarankan bagi orang yang ingin membentuk kebiasaan Olahraga rutin. Bila dilakukan secara rutin, ada banyak Manfaat lari bagi kesehatan yang bisa Anda peroleh, di antaranya:

1. Mengontrol tekanan darah

Lari termasuk olahraga kardio atau aerobik, yang dikenal bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Berolahraga rutin, salah satunya lari, akan menguatkan kerja jantung sehingga jantung dapat memompa darah lebih mudah dan tanpa hambatan. Efeknya, tekanan di pembuluh darah pun akan berkurang.

BACA JUGA:Sejarah Singkat Kartini, Pernah Belajar Bahasa Belanda Simak Selengkapnya

2. Menurunkan berat badan

Manfaat lari yang umum diketahui adalah menurunkan berat badan. Alasannya, olahraga lari dapat membuat tubuh membakar lebih banyak kalori. Bila olahraga lari sering dilakukan, pembakaran kalori dalam tubuh akan meningkat, sehingga dapat menurunkan berat badan. Bahkan, rutin olahraga lari dapat mencegah terjadinya obesitas.

3. Mencegah penyakit jantung

Olahraga lari diketahui dapat melancarkan aliran darah serta mengoptimalkan kerja otot dan jantung. Berlari selama 30 menit setiap harinya dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan mengurangi kadar lemak dalam tubuh. Dengan begitu, kesehatan jantung pun terjaga.

BACA JUGA:Biografi Singkat Kartini, Sosok Pahlawan Nasional Indonesia

4. Menjaga kesehatan lutut

Kebanyakan orang beranggapan bahwa lari akan menyebabkan lutut menjadi keropos. Padahal, penelitian justru membuktikan bahwa lari yang dilakukan secara rutin bermanfaat untuk menjaga kesehatan lutut. Rutin berolahraga lari bahkan dapat mencegah perburukan radang sendi lutut.

BACA JUGA:Agrowisata Kampung Durian Sinapeul Majalengka, Bisa Petik dan Makan Durian Sambil Nikmati Suasana Pegunungan

5. Mencegah osteoporosis

Olahraga lari diketahui dapat mencegah berkurangnya kepadatan tulang. Dampaknya, tulang menjadi lebih kuat sehingga risiko Anda terkena osteoporosis di kemudian hari pun menurun. Itulah beberapa manfaat ketika anda melakukan olahraga lari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: