Menaruh Bunga Lavender Dalam Kamar Banyak Manfaatnya Loh! Berikut Beberapa Manfaatnya

Menaruh Bunga Lavender Dalam Kamar Banyak Manfaatnya Loh! Berikut Beberapa Manfaatnya

Manfaat meletakkan lavender di dalam kamar-Kompas.com-radarmajalengka.com

Radarmajalengka.com - Bunga lavender populer dengan warna ungu yang khas dan aromanya yang harum dan menenangkan. Aroma khas dari minyak Bunga lavender juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Tidak heran lavender menjadi salah satu tanaman herbal yang paling banyak peminatnya. Salah satu manfaat Bunga lavender secara luas yaitu membantu meningkatkan kualitas tidur. Banyak orang yang meletakkan Bunga lavender atau produk yang beraroma lavender untuk mendapatkan efek relaksasi agar bisa tertidur pulas. Tidak semua orang dapat tidur dengan mudah, meski sudah membaringkan tubuh. Hal ini bisa terjadi karena tubuh tidak rileks, cemas, atau merasa gelisah. Meletakkan bunga ini pada kamar tidur bisa membantu mengatasi gangguan tidur akibat rasa cemas. Aroma lavender terbukti ampuh untuk meningkatkan kualitas tidur saat seseorang menghirupnya. Berikut ini manfaat meletakkan Bunga lavender di kamar tidur:

1. Mengatasi sakit kepala

Manfaat meletakkan bunga lavender pada kamar tidur berikutnya yaitu meredakan sakit kepala dan migrain. Ini berkat efek menenangkan dari bunga. Cobalah untuk menghirup aroma lavender selama 15 menit untuk mengurangi keparahan dan frekuensi sakit kepala.

BACA JUGA:Ternyata daun lavender bisa di buat teh loh! Ini dia beberapa manfaatnya untuk kesehatan tubuh

2. Tidur jadi lebih nyenyak

Aroma bunga lavender dapat meningkatkan gelombang delta pada tidur gelombang lambat, yaitu tahap tidur ketika kamu tidur paling dalam dan nyenyak. Selain itu, aroma tersebut juga mengurangi gelombang alfa dalam tidur tahap bangun, yang mengurangi jumlah tidur gelisah yang mungkin terjadi pada seseorang. 

3. Menjaga tekanan darah normal

Efek menenangkan dari aroma bunga ini pada sistem saraf juga tampaknya berdampak positif untuk menurunkan tekanan darah dan mengurangi detak jantung. Aromaterapi lavender dapat menurunkan tekanan darah dan detak jantung. Manfaat tersebut juga terasa secara efektif oleh wanita paruh baya yang mengidap insomnia.

BACA JUGA:Ternyata daun sirsak bagus untuk kesehatan tubuh loh! Ini dia beberapa manfaatnya

4. Mengatasi kecemasan dan stres

Sementara itu, aroma dari minyak lavender juga terbukti dapat mengurangi gejala stres baik fisik maupun emosional, menurunkan tekanan darah dan detak jantung, serta meningkatkan perasaan rileks dan tenang.

BACA JUGA:3 Destinasi Wisata Religi di Majalengka, Cocok untuk Libur Lebaran Bersama Keluarga 

5. Mengurangi gejala menopause

Wanita menopause mungkin juga merasakan manfaat dengan meletakkan bunga ini pada kamar tidur. Bukan tanpa alasan, bunga ini dapat membantu mengatasi kesulitan tidur, kecemasan, dan kegelisahan yang menjadi gejala menopause. Itulah beberapa manfaat meletakkan bunga lavender pada kamar tidur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: