Ternyata Daun Sirsak Bagus Untuk Kesehatan Tubuh Loh! Ini Dia Beberapa Manfaatnya

Ternyata Daun Sirsak Bagus Untuk Kesehatan Tubuh Loh! Ini Dia Beberapa Manfaatnya

Manfaat daun sirsak bagi kesehatan -Alodokter-radarmajalengka.com

Radarmajalengka.com - Manfaat daun sirsak untuk kesehatan sudah tidak perlu diragukan lagi, di antaranya untuk menangani insomnia, diabetes, sampai mengontrol tekanan darah. Asam, manis, dan segar, itulah sensasi makan buah sirsak. Buah ini memang cukup populer karena menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Namun, tak banyak yang tahu kalau manfaat daun sirsak untuk mendukung tubuh lebih sehat juga sama banyaknya dengan bagian buahnya. daun sirsak mengandung berbagai senyawa antioksidan yang sangat penting untuk tubuh. Senyawa ini termasuk fitosterol, tanin, dan flavonoid yang sangat baik untuk perlindungan mekanisme kerja tubuh. Berikut beberapa manfaat daun sirsak yang perlu anda ketahui:

1. Menstabilkan tekanan darah

Sirsak kaya akan potasium dan zat besi. Kedua bahan ini dapat menurunkan tingkat tekanan darah tinggi. Kalium membantu meningkatkan sirkulasi darah, sedangkan zat besi membantu mengatur detak jantung.

BACA JUGA:3 Destinasi Wisata Religi di Majalengka, Cocok untuk Libur Lebaran Bersama Keluarga 

2. Mengobati sakit maag

Daun sirsak adalah obat yang sangat baik untuk maag. Sebab, zat dalam daun sirsak mampu mengurangi peradangan dan bertindak sebagai obat penghilang rasa sakit. Selain itu, manfaatnya juga termasuk meningkatkan sistem imun tubuh. Hal ini tentunya dapat membuat proses penyembuhan penyakit maag menjadi lebih singkat.

3. Mengobati insomnia

Secara tradisional, daun sirsak sering menjadi obat alternatif untuk gangguan tidur atau insomnia. Daun yang termasuk dalam tanaman herbal ini memiliki kandungan yang bersifat relaksan otot polos, sehingga dapat bertindak sebagai obat penenang. Kamu bisa mengonsumsi air rebusan daun sirsak atau mencampurnya dengan teh dan madu untuk meningkatkan cita rasanya.

BACA JUGA:3 Masjid Bersejarah di Cirebon, Bisa Untuk Destinasi Wisata Religi untuk Libur Lebaran

4. Membantu mengontrol gula darah

Ekstrak daun sirsak dapat meningkatkan jumlah sel beta pankreas dan menurunkan glukosa darah puasa. Selain itu, daun sirsak bekerja dengan menghambat enzim yang membantu memecah karbohidrat kompleks menjadi glukosa atau menghalangi penyerapannya.

BACA JUGA:Wujud Toleransi, Ini Dia 3 Wisata Religi Lintas Agama di Cirebon, Kerukunan yang Kaya Akan Nilai Persatuan

5. Mendukung pengobatan kanker

Ekstrak tanaman sirsak dapat membantu mengobati kanker payudara, usus besar, prostat, paru-paru, darah, hati, leher rahim, ovarium, mulut, dan kulit. Bahan bio aktif bernama annonaceous acetogenins (AGEs) mempunyai beberapa sifat antikanker. Adapun, AGEs dapat membunuh sel kanker dengan menghambat pertumbuhan protein sel kanker. Itu tadi beberapa manfaat daun sirsak bagi kesehatan tubuh yang penting untuk anda dan keluarga anda ketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: