Kenali Manfaat Natto Yang Sangat Menyehatkan Tubuh

Kenali Manfaat Natto Yang Sangat Menyehatkan Tubuh

Kenali manfaat natto yang menyehatkan tubuh -Halodoc-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Natto merupakan makanan khas Jepang yang terbuat dari fermentasi kacang kedelai. Makanan ini memiliki aroma khas seperti keju, tetapi lebih menyengat, berwarna cokelat, dan bertekstur lengket. Di Jepang sendiri, Natto sering dikonsumsi bersama dengan nasi dan ditambahkan kecap asin maupun irisan bawang lokio sebagai pelengkap. Saat proses fermentasi, Natto menghasilkan enzim bernama nattokinase yang baik untuk pencernaan dan sistem kekebalan tubuh. Bahkan, enzim tersebut diyakini mampu mengencerkan gumpalan darah untuk mencegah atau mengobati beberapa kondisi, seperti hipertensi, angina, dan penyakit arteri perifer. Ada beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh dari mengonsumsi Natto, yaitu:

BACA JUGA:Tips Meratakan Warna Kulit Wajah yang Tidak Merata, Agar Tak Mudah Kusam

1. Menjaga kesehatan jantung

Natto mengandung serat, probiotik, dan vitamin K2 yang dapat menjaga kesehatan jantung. Selain itu, suatu penelitian menunjukkan bahwa enzim nattokinase juga dapat menurunkan dan menjaga tekanan darah agar tetap normal.

2. Menyehatkan saluran pencernaan

Natto mengandung probiotik yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan antara bakteri baik dan bakteri jahat yang hidup di saluran pencernaan. Dengan begitu, Anda pun dapat terhindar dari berbagai masalah pencernaan, seperti sembelit, diare, hingga penyakit Crohn.

3. Memelihara kesehatan dan fungsi otak

Mengonsumsi natto diyakini baik untuk memelihara kesehatan dan fungsi otak. Manfaat natto ini berasal dari kandungan probiotik di dalamnya yang dapat mengurangi stres, cemas, depresi, dan gangguan obsesif kompulsif (OCD), serta meningkatkan daya ingat.

4. Meningkatkan daya tahan tubuh

Terpenuhinya nutrisi dalam tubuh berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit. Kandungan vitamin C, vitamin B6, dan zat besi dalam natto juga merupakan nutrisi penting untuk melindungi tubuh dari beragam penyakit akibat radikal bebas.

BACA JUGA:Tips Mengatasi Bintik-Bintik di Kulit Wajah, Rentan Sensitif Bagi Perempuan

5. Meningkatkan kesehatan tulang

Kandungan kalsium dan vitamin K2 di dalam natto berfungsi untuk menjaga kepadatan dan kesehatan tulang. Beberapa studi menunjukkan bahwa kedua tersebut dapat memperlambat pengeroposan tulang dan mengurangi risiko patah tulang akibat pertambahan usia. Itulah manfaat natto yang sangat bagus untuk kesehatan apabila dikonsumsi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: