3 Tips Mengelola Uang THR Agar Tak Cepat Habis dan Boncos, Salah Satunya Pakai Teknik dari Jepang

3 Tips Mengelola Uang THR Agar Tak Cepat Habis dan Boncos, Salah Satunya Pakai Teknik dari Jepang

Gambar uang hanyalah contoh-Dokumentasi pribadi-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Siapa sih tidak yang senang, jika uang THR sudah mendarat dengan selamat dan sampai ke dompet pribadi, pastinya senang dong kan dapat bonus berupa tunjangan hari raya 'ya kan.

Keberadaan uang THR memanglah sangat bermanfaat, apalagi di dalam momen bulan puasa yang mendekati momen hari raya tiba. Pastinya uang THR bisa digunakan untuk berbagai macam kebutuhan, ataupun keinginan.

Akan tetapi jika sudah mendapatkan uang THR, mengelola uang THR pun sama pentingnya dan harus dilakukan secara rasional, agar uang THR tidak habis begitu saja secara tak masuk akal.

Nah maka dari itu, pada artikel kali ini, akan membahas suatu tema mengenai 3 tips mengelola uang THR agar tak cepat habis dan boncos alias rugi tak bersisa. Yuk simak selengkapnya pada artikel berikut ini, karena ada salah satu prinsip dan teknik mengelola uang THR dari Jepang, yang mungkin bisa menjadi referensi

BACA JUGA:THR Sudah Cair? Kuy Melipir Ke UNIQLO di Cirebon yang Kini Sudah Hadir, GAS MAMPIR!

1. Teknik 50 30 20

Teknik yang satu ini bisa dibilang cukup efektif, dalam mengelola uang ataupun tabungan serta pengalokasian dana, terkhusus Uang THR. Ya menggunakan teknik 50 pun mudah dilakukan, karena kita hanya perlu mengalokasikan uang seperti contohnya uang THR ke dalam beberapa pos pengeluaran seperti 50% untuk Kebutuhan, dalam konteks kebutuhan merupakan kebutuhan penting dan urgensi, 30% untuk Keinginan, nah untuk Keinginan sendiri bisa harus diperhatikan lagi, agar tak tertukar dengan Kebutuhan, karena Kebutuhan dan Keinginan adalah Berbeda! Lalu, 20% nya bisa dialokasikan ke pos pengeluaran seperti tabungan pribadi atau investasi, yang intinya adalah untuk uang simpanan yang bisa berguna untuk bulan berikutnya, jika kemungkinan ada pengeluaran tak terduga.

BACA JUGA:Apakah Orang Tua Boleh Mengambil Uang THR Anak? Berikut Hukum Serta Penjelasannya

2. Teknik Kakeibo

Teknik kakeibo umumnya adalah teknik kuno asli Jepang, yang sudah dipercaya sejak lama dan efektif dalam tujuan untuk mengelola uang, termasuk uang THR juga bisa untuk menggunakan teknik ini dan diterapkan pada saat mengelola uang THR. Kakeibo umumnya adalah teknik keuangan yang berfokus pada pencatatan dan perincian keuangan menggunakan pena atau alat tulis lainnya dengan media buku sebagai tempat catatan nya, teknik ini mengajarkan kita agar lebih bisa meresapi apa yang kita rasakan, termasuk dalam mengelola uang, agar kita tahu uang kita ingin dialokasikan kemana saja. Kakeibo juga menyarankan agar untuk menyisihkan uang yang akan ditabung terlebih dahulu, barulah setelah itu alokasikan sisanya ke beberapa pos pengeluaran dana, melalui pencatatan keuangan pribadi. Teknik kakeibo juga bisa dikembangkan sebagai praktik Mindfulness juga lho. Dan teknik kakeibo juga sangat masuk akal sekali jika ingin diterapkan untuk mengelola uang THR agar tidak cepat habis dan boncos.

BACA JUGA:Berapa THR yang Pantas Diberikan untuk Orang Tua di Hari Raya Lebaran Idul Fitri? Ini Nominalnya

3. Teknik Menabung untuk Dana Darurat 

Teknik lainnya yang bisa dilakukan untuk mengelola uang THR agar tak cepat habis dan boncos ialah, dengan menyisihkan uang untuk ditabung sebagian besar, supaya kita bisa memiliki dana darurat yang sewaktu-waktu bisa digunakan jikalau ada pengeluaran tak terduga di bulan berikutnya. Karena jika kita sudah memiliki tabungan berisikan dana darurat, maka setidaknya kita bisa menghadapi ketidakpastian keuangan dan aspek finansial, dan uang THR pun alangkah baiknya jika dialokasikan untuk tabungan dan dana darurat, supaya kita terhindar dari sifat boros dan menghambur-hamburkan uang, serta sifat impulsif dan konsumtif. Dengan kita memiliki tabungan dana darurat dari sebagian uang THR kita, maka kota bisa selanjutnya lebih bijak dalam mengelola uang THR agar tidak cepat habis dan numpang lewat begitu saja. 

BACA JUGA:Berapa Besaran Uang THR yang Tepat untuk Anak Kecil? Ini Dia Nominalnya, Agar Tidak Salah Memberi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: