Apa itu buah alkesa? Ini dia penjelasan dan manfaat buah ini

Apa itu buah alkesa? Ini dia penjelasan dan manfaat buah ini

Manfaat buah aleksa untuk kesehatan -Lazada -radarmajalengka.com

Radarmajalengka.com - Buah alkesa atau yang sering disebut dengan sawo mentega memiliki berbagai kandungan gizi seperti serat, vitamin, dan komponen antioksidan. Buah ini tak hanya terasa manis, tapi juga menyimpan banyak khasiat untuk kesehatan seperti menjaga imunitas hingga kesehatan mata.

BACA JUGA:6 manfaat yang terkandung dalam buah apel

Buah alkesa atau canistel berasal dari Meksiko dan memiliki nama ilmiah Pouteria campechiana. Di Indonesia, buah ini disebut dengan sawo mentega karena mempunyai bentuk mirip sawo dengan warna kuning seperti kuning telur. Ini dia beberapa manfaat buah alkesa bagi kesehatan:

1. Mencegah anemia

Buah alkesa memiliki manfaat untuk mencegah anemia yang disebabkan oleh kekurangan zat besi. Zat besi sendiri sangat penting untuk meningkatkan produksi hemoglobin, yaitu protein khusus pada sel darah merah yang berperan dalam mengikat oksigen. Mengonsumsi buah yang tinggi zat besi ini secara rutin dapat membantu memenuhi kebutuhan mineral tersebut.

BACA JUGA:Fadillah Serta Keutamaan Sholat Tarawih Malam Ke-22

2. Menjaga kekebalan tubuh

Kandungan vitamin C pada buah ini dapat mencapai 106.42 mg/100 g jika dikonsumsi bersama kulitnya .

Vitamin C merupakan sumber antioksidan yang berfungsi sebagai immune booster untuk membantu tubuh melawan berbagai ancaman penyakit, seperti flu, batuk, dan infeksi lainnya.

3. Mengontrol tekanan darah

Manfaat buah alkesa untuk mengontrol tekanan darah dan mendukung kesehatan jantung didapat dari kandungan serat dan kaliumnya. Ketika mengonsumsi makanan kaya kalium seperti sawo mentega, tekanan darah sistolik dan diastolik akan menurun.

BACA JUGA:Mengulik Motor Yamaha Fazzio Hybrid Connected Lengkap Sampai Akarnya!

4. Menangkal radikal bebas

Kandungan vitamin C dan beta-karoten pada buah sawo mentega bersifat antioksidan yang dapat membantu tubuh menangkal dampak buruk radikal bebas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: