Simak Manfaat Salak Bali Yang Sayang Untuk Dilewatkan

Simak Manfaat Salak Bali Yang Sayang Untuk Dilewatkan

Manfaat salak bali untuk kesehatan tubuh -Blibli.com-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Dibandingkan jenis salak yang sering ditemui, seperti salak pondoh, salak bali terasa lebih renyah, lebih manis, tebal, dan berair. Ciri khas salak bali juga bisa dilihat dari bentuknya yang nyaris bulat sempurna dan daging buah yang berwarna putih pucat, berbeda dari salak pondoh yang berbentuk lonjong dan berwarna kekuningan. Kandungan nutrisi dan manfaat salak bali tidak jauh berbeda dari jenis salak pada umumnya. Walaupun buah ini menjadi salah satu ikon dari Pulau Dewata, distribusi salak bali telah menyebar luas ke berbagai kota di Indonesia, bahkan mancanegara. Berkat beragam kandungan nutrisinya, ada banyak manfaat salak bali yang sayang untuk dilewatkan. Berikut ini adalah penjelasan lebih lanjut mengenai manfaat yang bisa diperoleh dari konsumsi salak bali:

BACA JUGA:RSUD Majalengka Optimistis Naik Menjadi Kelas B

1. Menjaga kesehatan mata

Antioksidan karotenoid dalam salak bali bermanfaat bagi kesehatan mata. Nutrisi ini memiliki peran penting dalam melindungi jutaan sel di retina mata, terutama akibat paparan sinar matahari. Asupan karotenoid yang cukup dapat mengurangi risiko terkena degenerasi makula dan katarak.

2. Menambah energi

Di dalam tubuh, karbohidrat berperan penting dalam merangsang metabolisme dan meningkatkan energi. Salak bali menyimpan kandungan karbohidrat yang cukup banyak. Dalam ukuran 100 gram salak bali, nilai karbohidratnya bahkan hampir setengah dari seporsi nasi merah. Ini membuat salak bali bisa menjadi pilihan untuk variasi sumber karbohidrat.

3. Meningkatkan daya ingat

Konsumsi salak bali juga dapat menjaga fungsi otak dan meningkatkan daya ingat. Manfaat salak bali ini diperoleh dari kandungan antioksidan karotenoid di dalamnya yang dapat meningkatkan aliran darah ke otak dan mengurangi peradangan di otak.

BACA JUGA:Pemkab Majalengka Raih Verifikasi ODF di Desa Leuwikujang

4. Mencegah sembelit dan perut kembung

Tidak sedikit orang yang ragu mengonsumsi salak, termasuk salak bali, karena khawatir menyebabkan sembelit atau susah buang air besar (BAB). Padahal, konsumsi salak secukupnya justru baik untuk kesehatan pencernaan, asalkan tidak berlebihan dan tetap minum air putih yang cukup. Demikian deretan manfaat salak Bali yang sangat baik untuk kesehatan tubuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: