Resep Kolak Sagu Mutiara, yang Cocok untuk Menu Takjil Buka Puasa, dengan Rasa Nikmat Tiada Tara

Resep Kolak Sagu Mutiara, yang Cocok untuk Menu Takjil Buka Puasa, dengan Rasa Nikmat Tiada Tara

Kolak sagu mutiara dengan rasa nikmat tiada tara. Cocok untuk menu takjil buka puasa kamu semua.-Snapseed edit foto pribadi-radarmajalengka.com

9. Pisang kepok yang sudah matang sempurna

Cara membuat kolak sagu mutiara, agar bisa menghasilkan kenikmatan yang tiada tara, berikut cara langkah-langkahnya:

1. Tuangkan 1 liter air ke dalam panci yang sudah dipanaskan di atas kompor, tunggu hingga mendidih menggunakan api sedang.

2. Setelah air semua mendidih, masukkan sagu mutiara ke dalam panci berisi air mendidih tadi, lalu direbus selama 5 menit untuk sagu mutiaranya. Biarkan sagu mutiara didiamkan dan tertutup hingga kurang lebih 30 menit. 

3. Setelah didiamkan 30 menit, barulah tengok sebentar sagu mutiara, lalu aduk sebentar saja. Selanjutnya, rebus kembali sagu mutiara sampai kurang lebih 7 menit, sambil sesekali diaduk sebentar. Setelah itu matikan kompor jika sudah 7 menit direbus, sisihkan sagu mutiara hasil tadi yang baru direbus, biarkan sagu mutiara dalam keadaan hangat.

4. Kembali mendidihkan air, untuk merebus gula merah hingga larut, bila keadaan sudah selesai dan larut, matikan api kompor dan disaring.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Kue yang Cocok Sebagai Takjil untuk Berbuka Puasa, Manis Gurih dan Lezat

5. Rebus kembali air gula merah tadi sampai mendidih kembali, lalu masukkan bersama daun pandan dan pisang kepok yang sudah dipotong-potong. Setelah semuanya mendidih, tambahkan sagu mutiara aduk hingga semua merata.

6. Tuangkan sedikit demi sedikit santan ke air yang berisi gula dan bahan kolak serta sagu mutiara tadi, masak kolak sagu mutiara hingga mendidih dan matang, sembari diaduk perlahan-lahan.

7. Tambahkan tepung maizena yang sudah dilarutkan dengan sedikit air untuk kolak sagu mutiara, sebagai bahan pelengkap akhir.

8. Kolak sagu mutiara sudah selesai, dan siap untuk dihilangkan.

Untuk tambahan topping dari potongan buah kolak sagu mutiara, selain pisang kepok, bisa juga dengan tambahan buah nangka, atau disesuaikan sesuai selera saja. 

BACA JUGA:Resep Membuat Kue Sagon Kelapa, Cocok Untuk Takjil Buka Puasa, Kue Jadul Rasanya Mantul, Kuy Coba

Demikianlah resep dan bahan serta tata cara pembuatan kolak sagu mutiara, yang sangat cocok sekali untuk menu hidangan takjil buka puasa, dengan rasa manis yang legit serta rasa nikmat tiada tara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: