Tata Cara Sholat Idul Fitri, Niat, Serta Sunnah yang Dianjurkan

Tata Cara Sholat Idul Fitri, Niat, Serta Sunnah yang Dianjurkan

Potret para jemaah yang sedang khusyuk melaksanakan sholat idul fitri. -Pinterest - Tangkapan Layar -radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Setelah ramadhan usai, terbitlah hari raya 1 syawal, yang pastinya dimaknai dengan adanya sholat idul fitri

Sholat idul fitri merupakan sholat yang biasa dilakukan pada hari raya besar, contohnya hari raya lebaran idul fitri, sholat idul fitri biasa dikerjakan sebanyak 2 rakaat, dan dilaksanakan pada lagi hari, sekitar pukul jam 7 an.

Sholat idul fitri identik sebagai sholat hari raya yang dilakukan secara berjamaah, dilaksanakan di lokasi manapun, baik mushola, masjid, hingga tanah lapang.

Pada artikel kali ini akan membahas mengenai seputar sholat idul fitri, berikut niat dan tata cara nya serta sunnah yang dianjurkan pada saat sebelum atau sesudah sholat idul fitri, simak selengkapnya pada artikel berikut ini. 

BACA JUGA:BERITA DUKA, Komedian Sekaligus Aktor Tanah Air Babe Cabita Meninggal Dunia, Diduga Terkena Anemia Aplastik

Niat shalat idul fitri diantaranya sebagai berikut, seperti yang dikutip dari buku Risalah Tuntunan Shalat Lengkap karya DRS. Moh Rifa'i yaitu:

"Ushallii sunnatan li 'idil fitri rak'ataini lillaahi ta'aalaa". Artinya: Aku (berniat) mengerjakan sholat sunnah Idul Fitri sebanyak dua rakaat karena Allah Ta'ala.

Tata cara sholat idul fitri berjamaah adalah sebagai berikut: 

1. Membaca niat sholat Idul Fitri

2. Takbiratul Ihram, setelah itu mengucap kalimat takbir sebanyak 7 kali pada rakaat pertama. Lalu, tiap selang takbirnya dianjurkan berdoa sebagai berikut: "Subhaanallah wal hamdu lillaah, wa laa ilaaha illallaah wallaahu akbar, Allahummaghfir lii warhamnii". Artinya: "Maha Suci Allah dan segala pujian hanya milik Allah, dan tiada tuhan yang layak disembah melainkan Allah, Allah Maha Besar, Ya Allah ampunilah aku dan sayangilah aku."

3. Membaca doa iftitah

4. Membaca surah Al Fatihah

5. Membaca surah Al-Qur'an. Di antara yang dianjurkan untuk dibaca yakni surah Qaf, surah Al-Qamar, surah Al-A'la, atau surah Al-Ghasyiyah.

6. Rukuk

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: