Kencur bisa mencegah kanker? Berikut penjelasan dan manfaat kencur bagi kesehatan

Kencur bisa mencegah kanker? Berikut penjelasan dan manfaat kencur bagi kesehatan

Manfaat kencur bagi kesehatan tubuh -UMSU-radarmajalengka.com

Manfaat kencur juga dapat meningkatkan kesuburan pria. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pria yang mengonsumsi ekstrak kencur memiliki kuantitas dan kualitas sperma yang baik.

BACA JUGA:3+ Rekomendasi Hp Xiaomi Budget 2 Jutaan, Fitur Melimpah, Spesifikasi Bukan Kaleng-Kaleng!

6. Meredakan sakit perut

Konsumsi kencur juga dapat meredakan sakit perut. Manfaat kencur ini diduga berkat efek dari senyawa antiradang dan antinyeri di dalamnya yang dapat meringankan rasa nyeri.

7. Mengusir nyamuk

Minyak atsiri yang terbuat dari ekstrak kencur bisa mengusir nyamuk. Hal ini karena aroma senyawa yang terkandung di dalamnya tidak disukai nyamuk. Oleh karena itu, minyak atsiri kencur biasanya dijadikan sebagai salah satu bahan losion antinyamuk.

8. Membantu mengatasi diare

Manfaat kencur untuk meringankan diare diperoleh dari kandungan antibakteri yang dapat melawan bakteri jahat di usus. Selain itu, kencur juga mengandung prebiotik yang dapat menyeimbangkan bakteri baik dan bakteri jahat di dalam usus.

9. Menangkal radikal bebas

Kencur merupakan salah satu tumbuhan herba yang kaya akan kandungan antioksidan, yaitu flavonoid. Kandungan ini diketahui mampu menangkal kerusakan sel akibat paparan radikal bebas, misalnya dari asap rokok atau polusi.

BACA JUGA:Mengenal Lebih Dekat Monstera, Tanaman Populer yang Ternyata Beracun.

10. Meredakan sakit maag

Anda juga bisa mengonsumsi kencur untuk meredakan sakit maag. Ekstrak kencur memiliki kandungan antinyeri dan antiradang yang dapat mengurangi ketidaknyamanan di dalam perut akibat maag. Namun, manfaat kencur yang satu ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

11. Menurunkan kadar gula darah

Manfaat kencur juga dapat menurunkan kadar gula darah bagi penderita diabetes. Manfaat ini diperoleh karena kandungan polifenol di dalamnya yang bersifat antidiabetik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: