Mengenal Lebih Dekat Monstera, Tanaman Populer yang Ternyata Beracun.

Mengenal Lebih Dekat Monstera, Tanaman Populer yang Ternyata Beracun.

tanaman monstera beracun-dekoruma-tangkapan layar-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Siapa yang tidak mengenal tanaman hias cantik bernama Monstera? Monstera atau Janda Bolong sudah cukup terkenal dikalang pencinta tanaman hias, bentuknya yang unik dengan daun lebar dan berlubang ini menjadikan Monstera sebagai salah satu pilihan tanaman hias paling banyak di gemari. 

Tanaman ini pernah menjadi  trending topik di sosial media Indonesia karena penomena harga yang sempat mahal di beberapa jenis tanaman ini, namun meskipun banyak penggemarnya ternya tanaman ini memiliki racun loh. 

Apa sih racun yang terdapat dalam tanaman cantik ini? apakah berbahaya atau tidak, simak lengkapnya ya.

BACA JUGA:Bingung Memilih Parfum Yang Cocok? Pahami Hal Berikut Agar Tidak salah Beli.

APAKAH TANAMAN MONSTERA BERACUN?

Monstera deliciosa, yang juga dikenal sebagai tanaman janda bolong adalah tanaman tropis yang sangat populer di kalangan penggemar tanaman hias. Tanaman ini terkenal karena daunnya yang besar dan berlubang-lubang yang memberikan tampilan yang eksotis dan menarik. Namun, seperti banyak tanaman lainnya, Monstera memiliki potensi beracun yang perlu diperhatikan.

Bahaya utama yang terkait dengan Monstera adalah kandungan kristal kalsium oksalat di dalamnya. Kristal-kristal ini terutama terdapat pada daun, batang, dan buah Monstera.

Ketika bagian-bagian tanaman ini dikonsumsi, kristal-kristal tersebut dapat menyebabkan iritasi pada mulut, tenggorokan, dan saluran pencernaan. Gejalanya dapat bervariasi dari rasa terbakar atau kesemutan di mulut hingga mual, muntah, dan sakit perut.

BACA JUGA:5 Hal yang Harus Diperhatikan ketika Merawat Tanaman Hias Dalam Ruangan. Apa saja? Yuk Simak.

 

Kristal kalsium oksalat ini bertindak seperti serpihan kecil yang bisa menembus jaringan lembut di dalam mulut dan saluran pencernaan, menyebabkan rasa tidak nyaman dan iritasi. Reaksi ini dapat bervariasi tergantung pada seberapa besar jumlah tanaman yang dikonsumsi dan sensitivitas individu.

Penting untuk diingat bahwa bahaya Monstera deliciosa terutama terkait dengan konsumsi bagian-bagian tanaman tersebut secara langsung. Meskipun buah Monstera yang matang dianggap aman untuk dikonsumsi dalam jumlah terbatas, bagian lain dari tanaman ini, seperti daun dan batang, harus dihindari.

BACA JUGA:Pentingnya Konsumsi Buah-Buahan Saat Sahur Dan Berbuka Untuk Tubuh kita. Apa saja? Yuk Simak.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: