10 Tradisi Unik Menyambut Bulan Ramadhan di Indonesia, Selamat menjelajahi Indonesia, Marhaban Ya Ramadhan.

10 Tradisi Unik Menyambut Bulan Ramadhan di Indonesia, Selamat menjelajahi Indonesia, Marhaban Ya Ramadhan.

Tradisi unik menyambut bulan Ramadhan-Travelkompas-tangkapan layar-radarmajalengka.com

Kegiatan ziarah ini merupakan kegiatan zirah yang dilakukan secara massal ke makam-makam para ulama dan pendiri kesultanan Palembang Darussalam, atau kerap juga disebut 'waliyullah'.

Bukan hanya itu, ziarah kubro ini juga hanya dilakukan bagi laki-laki masyarakat Sumatera Selatan. Nantinya, para laki-laki yang berziarah akan beramai-ramai menuju makam ulama yang telah ditentukan. Tradisi menyambut Ramadan ini dilakukan di sejumlah daerah seperti Palembang, Kawah Tekurep, Seberang Ulu, Kambang Koci 5 Ilir, dan sebagainya.

BACA JUGA:Segera Detox Tubuhmu dengan Minuman Rempah Ini!

9. Nyorog (Betawi)

Nyorog adalah tradisi masyarakat Betawi yang dilakukan dalam rangka menyambut bulan Ramadhan. Nyorog dilakukan dengan membagikan berbagai bingkisan seperti sembako, ikan bandeng dan daging kerbau kepada sanak keluarga. Bingkisan nyorog biasanya juga bisa berupa makanan khas Betawi seperti sayur gabus pucung. Tujuan dari nyorog adalah untuk mengingatkan bahwa bulan Ramadhan akan segera datang dan Ramadhan merupakan ajang untuk saling silaturahmi.

10. Dugderan (Semarang)

Dugderan merupakan tradisi unik menjelang Ramadhan dari Semarang, Jawa Tengah. Upacara ini merupakan perpaduan tiga etnis yang mendominasi masyarakat Semarang yakni Jawa, Tionghoa, dan Arab. Nama dugderan diambil dari suara bedug yang ditabuh yakni 'dug' dan 'der'. Tabuhan bedug tersebut merupakan pertanda dimulainya bulan Ramadhan. Tradisi ini diramaikan dengan ikon berupa warak ngendhog yakni atraksi replikasi hewan berkaki empat namun berkepala mirip naga.

Tradisi tadi adalah tradisi yang sering dilakukan di berbagai daerah di Indonesia, tradisi untuk menyambut bulan suci Ramadhan. selamat menjelajahi Indonesia. Marhaban Ya ramadhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: