Kampung Budaya Dieng menjadi salah satu destinasi wisata yang Populer di Banjarnegara!

Kampung Budaya Dieng menjadi salah satu destinasi wisata yang Populer di Banjarnegara!

Wisata Kampung Budaya Dieng, Banjarnegara-Instagram @onitograph-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Kampung Budaya Dieng merupakan sebuah desa wisata yang terletak di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. 

Kampung Budaya Dieng berjarak sekitar 5 km dari pusat Kota Dieng. Kampung Budaya Dieng merupakan salah satu destinasi wisata yang populer di Dataran Tinggi Dieng. 

Kampung Budaya Dieng didirikan pada tahun 2008 dengan tujuan untuk melestarikan budaya dan tradisi masyarakat Dieng. 

Di Kampung Budaya Dieng, anda dapat melihat berbagai macam rumah adat Dieng, seperti rumah panggung, rumah joglo, dan rumah limasan. 

BACA JUGA:Ternyata Ini Loh Candi Tertua yang Ada di Indonesia, Candi Bima di Dieng, Banjarnegara

Anda juga dapat melihat berbagai macam benda-benda tradisional Dieng, seperti peralatan pertanian, alat musik, dan pakaian adat.

Di Kampung Budaya Dieng, anda juga dapat mengikuti berbagai macam kegiatan budaya, seperti pertunjukan tari tradisional, karnaval budaya, dan upacara adat. 

Anda juga dapat belajar tentang berbagai macam tradisi Dieng, seperti tradisi ruwatan rambut gimbal, tradisi momongi, dan tradisi suran.

Berikut beberapa hal yang bisa anda lakukan di Kampung Budaya Dieng:

BACA JUGA:Keindahan Waduk Mrica di Banjarnegara Membuat Ketagihan Mengunjunginya

1. Menjelajahi Rumah-rumah Adat Dieng

Anda dapat melihat berbagai macam rumah adat Dieng, seperti rumah panggung, rumah joglo, dan rumah limasan. Anda juga dapat belajar tentang arsitektur dan fungsi dari rumah-rumah adat tersebut.

2. Melihat Benda-benda Tradisional Dieng 

Anda dapat melihat berbagai macam benda-benda tradisional Dieng, seperti peralatan pertanian, alat musik, dan pakaian adat. Anda juga dapat belajar tentang penggunaan dan makna dari benda-benda tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: