10+ Kuliner Khas Tegal, Salah Satunya Favorit Artis dan Pejabat

10+ Kuliner Khas Tegal, Salah Satunya Favorit Artis dan Pejabat

Kuliner Khas Tegal-edit canva - foto drone youtube raja drone-edit canva

Ciri khas kupat glabed disajikan dengan kupat yang disiram kuah kuning cerah seperti opor, namun memiliki perberbedaan dengan opor pada umumnya. Biasanya glabed akan diberi topping bawang goreng beserta kerupuk kuning atau warna-warni diatasnya.

BACA JUGA:Berpetualang di Majalengka: Rekomendasi 3 Villa dengan Pemandangan Alam yang Memukau

Kupat glabed dapat dijumpai di warung kaki lima dan penjual bergerobak. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau hanya sekitar 5-15 ribuan saja.

3. Rujak Teplak

Makanan khas Tegal yang dijadikan andalan warga Tegal ini bernama rujak teplak. Sejarah singkat pemberian nama rujak teplak ialah sebutan bagi penemu sambal rujak yang bernama Mak Teplak. 

Jika anda ingin merasakan keoriginalan sambal rujak teplak, anda bisa mengunjungi warung mak Teplak yang legendaris. Lokasinya ada di pusat kota Tegal yakni sudut jalan Tjokroaminoto. 

Namun, kini anda bisa menemukan rujak teplak secara umum di daerah Tegal lainnya.

BACA JUGA:5 Kuliner Brebes Enak 2024. No 3 Paling Viral

Rujak teplak diolah dengan bahan utama berupa sayuran seperti, kol, bayam, kangkung, daun singkong, mentimun, pare, petai cina dan jantung pisang yang akan dilumuri sambal rujak khas Tegal

Harga satu porsi rujak teplak berkisar 5-10 ribu saja loh.

4. Glotak

Glotak merupakan kuliner khas Tegal berbahan dasar gembus atau tempe yang berasal dari bahan dasar ampas tahu, kemudian bahan tersebut akan ditumis dan dimasak dengan kuah kaldu tulang sapi atau ayam.

Istilah Glotak berasal dari sebuah suara yang dihasilkan pada saat mengolah makanan dengan cara diaduk. Bunyi glotak akan berbunyi pada saat panci dan balungan (tulang ayam atau sapi) diaduk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: