Kuliner Khas Tegal, Nomor 5 Bikin Seger!

Kuliner Khas Tegal, Nomor 5 Bikin Seger!

Kuliner Khas Tegal-Anekawisata - tangkapan layar blog-anekawisata

RADARMAJALENKA - Kabupaten Tegal terkenal dengan kuliner khasnya tak hanya memanjakan lidah, namun juga memiliki nilai sejarah dan budaya yang kaya. Kuliner Khas Tegal memiliki keunikan karena berpaduan dengan suku Jawa, Sunda dan Tionghoa, maka menghasilkan hidangan yang penuh cita rasa yang kuat.

Mencicipi kuliner khas tegal berarti anda akan melayani warisan budya dan masyarakat setempat. Bila anda sedang berada di Kota Bahari ini, maka anda wajib mencoba 5 rekomendasi kuliner khas Tegal. Berikut rekomendasinya:

1. Nasi Ponggol

Kuliner khas Tegal yang satu ini sangat cocok untuk disantap di pagi hari. Masyarakat tegal biasanya menjadikan kuliner ini sebagai menu sarapan sebelum beraktifitas.

Seporsi Nasi Ponggol terdiri dari nasi putih dengan lauk seperti tahu oreg, tempe, oseng mie dan sambal teri. Namun biasanya penjual Nasi Ponggol menyediakan tambahan lauk. Penyajian Nasi ponggol dibungkus dengan daun pisang.

BACA JUGA:Tak Banyak Orang Tahu, Ini Dia Pesona Pantai Alam Indah Tegal, Yuk Mampir

Harga seporsi nasi ponggol hanya 5 ribu saja, dan kamu bisa menambah lauk lainnya dengan harga yang bervariasi.

2. Kupat Glabed

Kuliner khas Tegal selanjutnya ialah kupat Glabed, yang hanya dapat ditemui di kota ini. Kupat Glabed disajikan dengan potongan kupat, tempe, sayur kuning kental, sambal, mie kuning, kerupuk dan disiram dengan kuah santan kental. Biasanya kupat glabed juga ada menu tambahan seperti daging ayam kampung, telur rebus, dan beragam pilihan sate, seperti sate kikil, kerang ataupun ayam.

Untuk menyantap kupat glabed bisa dikatakan cukup murah, yaitu sekitar 5 ribu hingga 15 ribuan saja.

3. Glotak

Setelah kenyang menyantap hidangan berat anda bisa menlanjutkan kuliner ringan yang satu ini. Glotak merupakan makanan yang diolah dari tempe gembus yang dicampur dengan balung atau tulang ayam. Asal mula pemberian nama “Glotak” ialah karena pada proses memasak akan menghasilkan bunyi “glotak-glatik” yang berasal dari suara wajan dan tulang ayam yang di aduk.

BACA JUGA:Rekomendasi 4 Villa Terdekat dari Wisata Guci Tegal

Glotak bercitarasa pedas gurih dan biasa dinikmati dengan bubur saat pagi hari. Namun anda juga bisa menyantap nya langsung. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: