Koramil 1711/Sumberjaya-Pemdes Panjalin Kidul Tanam Pohon

Koramil 1711/Sumberjaya-Pemdes Panjalin Kidul Tanam Pohon

PENGHIJAUAN: Koramil 1711/Sumberjaya melaksanakan kegiatan penghijauan dengan menanam ratusan bibit pohon di wilayah Desa Panjalin Kidul Kecamatan Sumberjaya.-Ono Cahyono-Radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM  - Koramil 1711/Sumberjaya melaksanakan kegiatan penghijauan dengan menanam ratusan bibit pohon di wilayah desa Panjalin Kidul Kecamatan Sumberjaya. Kegiatan tersebut juga bekerja sama dengan unsur pemerintah desa setempat.

Komandan Koramil 1711/Sumberjaya, Kapten Inf Iyus mengungkapkan, pelaksanaan penghijauan atau penanaman bibit pohon ini sesuai dengan program Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) yang berlokasi di Blok Makam Luhur, RT 02 RW 04.

"Penanaman bibit pohon ini selain untuk penghijauan juga sebagai upaya mencegah kekurangan sumber mata air di wilayah Kecamatan Sumberjaya khususnya desa Panjalin Kidul," kata Danramil.

Pihaknya berharap kedepannya wilayah Sumberjaya menjadi kawasan hijau dan tidak ada lagi kekurangan sumber mata air. Pasalnya kawasan Sumberjaya merupakan wilayah Industri di kabupaten Majalengka yang tentunya berdampak kepada kurangnya ketersediaan sumber mata air.

BACA JUGA:Ternyata Hanya 3 Orang Bukan 150, Klarifikasi soal Kader Taruna Merah Putih yang Mundur

Disamping itu, upaya penghijauan inin juga untuk penahan tanah karena kondisi tanah di blok Makam Luhur mudah abrasi. Melalui program ini, Danramil mengimbau kepada seluruh masyarakat yang ada di Sumberjaya untuk tetap mau memperbaharui lahan-lahan kosong supaya ditanami kembali.

"Kami juga mengapresiasi kepada Pemdes Panjalin Kidul yang mendukung program penghijauan ini. Semoga aksi ini juga diimplementasikan oleh pemerintah desa lainnya di wilayah Sumberjaya," harapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Panjalin Kidul Kecamatan Sumberjaya, Dudung Abdullah Yasin mengapresiasi upaya TNI dalam hal ini Koramil 1711/Sumberjaya dalam mencegah abrasi dilahan yang kondisi tanahnya gembur juga menjaga ketersediaan sumber mata air.

"Sejak beralih fungsi lahan menjadi kawasan Industri tentu berdampak pula terhadap ketersediaan sumber mata air. Ini bagian dari menjaga lingkungan selain penghijauan juga ketersediaan air tetap ada," imbuh Dudung. (ono)

BACA JUGA:Relawan Amin Majalengka Hadiri Silaturahmi Ulama di Cirebon

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: