KH Abdul Chalim Pahlawan Nasional

KH Abdul Chalim Pahlawan Nasional

KH Abdul Chalim ditetapkan sebagai pahlawan nasional pada momen Hari Pahlawan 2023.-istimewa-Radarmajalengka.com

"Di akhir masa perjuangannya, Abah dibilang 'cuma kamu yang tidak memiliki pesantren,' sehingga pulang ke Leuwimunding, dan mendirikan lembaga pendidikan di sini," ujar Ade Toyibah.

BACA JUGA:PTS Summit LP3I Yayasan Global Mandiri Utama Tahun 2023

Ia mengatakan, KH Abdul Chalim juga merupakan sosok yang sederhana, dan sangat menyukai berjalan kaki ke mana pun. Bahkan, sifat tersebut menurun ke anak-anaknya.

"Ibu saya pernah jalan kaki dari Leuwimunding, Majalengka, untuk berziarah ke Pamijahan, Tasikmalaya. Itu katanya menurun dari Abah Chalim," kata Ade Toyibah.

Disebutkan juga, KH Abdul Chalim kerap mengajarkan beberapa pelajaran berharga kepada anak-anaknya. Di antaranya, mengenai pentingnya berjuang harus ikhlas, dan harus tuntas. Sehingga semasa hidupnya KH Abdul Chalim juga dikenal sebagai salah satu tokoh pejuang kemerdekaan.

"Abah (KH Abdul Chalim) selalu mengingatkan anak-anaknya kalau berjuang itu harus ikhlas dan harus tuntas," katanya.

BACA JUGA:Caleg DPR RI Heru Subagia Singgung Otonomi Provinsi Cirebon di Ajang Rebana Expo 2023

Dijelaskan pula, semangat itulah yang mendasari niat KH Abdul Chalim terlibat dalam perjuangan kemerdekaan RI hingga berpindah-pindah ke berbagai daerah, dan menyamar agar tidak dikenali.

"Cerita dari paman saya kalau ikut Abah harus siap menyamar, bahkan ada yang pernah tercebur ke sungai juga demi menghindari penjajah. Karena Abah mengajarkan kalau berjuang jangan setengah-setengah," ujar Ade.

KH Abdul Chalim mulai merantau ke Surabaya dan terlibat dalam berbagai gerakan perjuangan sejak 1914. Kemudian baru menetap di tanah kelahirannya setelah kemerdekaan.

Selama itu, KH Abdul Chalim kerap berpindah-pindah, hingga menyepi ke hutan maupun gunung hanya untuk menghindari bertemu para penjajah

BACA JUGA:Rebana Expo 2023 The New Face of West Java Ungkap Megaproyek Kawasan Rebana Metropolitan

"Rata-rata, anak cucu Abah juga pekerja keras, karena sejak kecil dididik jangan gampang frustasi, dan tidak mudah menyerah," kata Ade Toyibah.

Ia menyampaikan, nilai-nilai yang diajarkan KH Abdul Chalim tersebut dapat menjadi teladan bagi generasi muda di masa sekarang, khususnya menjelang momen Hari Pahlawan 2023.

Dikatakan, saat ini keluarga besarnya merasa sangat bahagia dan bangga akhirnya Abah (sapaan keluarga kepada KH Abdul Chalim) ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: