Teori Konspirasi Merebak dalam Kebakaran Hutan Hebat Hawaii, Ada Rumah Beratap Merah di Pulau Maui Terlindungi

Teori Konspirasi Merebak dalam Kebakaran Hutan Hebat Hawaii, Ada Rumah Beratap Merah di Pulau Maui Terlindungi

Dilaporkan, beredar di media sosial sebuah foto sinar dan laser yang dinarasikan diambil dari Hawaii sebelum terjadinya kebakaran tersebut. Ujaran lain mengaitkan sinar dan laser itu sebagai bukti penggunaan senjata energi terarah atau Directed Energy Wea--

Kesalahpahaman ini juga memunculkan sejumlah desas-desus yang tak berdasar tentang mengapa beberapa area tetap utuh sementara yang lain hancur, tambahnya. "Ketidaktahuan tentang bagaimana sesuatu berfungsi seringkali memicu teori konspirasi," ungkap Kocher.

Atwater Millikin bersama suaminya berencana untuk kembali ke Maui dalam waktu dekat dan membuka rumah mereka bagi para tetangga yang kehilangan rumah mereka. "Kami merasa kehilangan karena banyak tetangga kami yang kehilangan semua milik mereka," ungkapnya kepada media lokal California.

Dia  mengatakan bahwa banyak orang kehilangan segalanya, dan dia perlu kerjasama dari banyak pihak untuk membantu dalam pemulihan. "Setiap orang harus ambil bagian dalam proses pemulihan ini," ucap dia.

Melansir CNN Business pada Senin, 21 Agustus 2023 sumber daya konstruksi negara yang terbatas dan biaya pengiriman barang hingga gaji yang mahal, menjadi faktor-faktor mahalnya proses pembangunan rumah dan gedung di Hawaii. Moody Analytics menyebut, modal bisnis di Hawaii bahkan sekitar 30 persen lebih mahal daripada biaya bisnis di wilayah lainnya di AS. 

Biaya konstruksi khususnya kemungkinan lebih tinggi di Hawaii jika dibandingkan dengan daratan — sekitar 44 persen lebih tinggi, menurut perkiraan dari Verisk, penyedia analitik data asuransi global. "Berdasarkan peristiwa sejarah yang serupa, ini cenderung konservatif, karena penundaan pembangunan serta penawaran dan permintaan menyebabkan tekanan tambahan pada biaya rekonstruksi," kata Verisk.

Tidak mengherankan, harga kayu dan bahan bangunan lainnya umumnya antara 35 persen hingga 40 persen lebih tinggi di Hawaii daripada di daratan bahkan sebelum kebakaran,  menurut Beau Nobmann, manajer penjualan HPM Building Supply, pemasok barang bangunan utama di negara bagian itu.

Imbas musibah kebakaran, lonjakan permintaan bahan bangunan dapat menyebabkan kelangkaan, sehingga menaikkan harga lebih jauh. Selain itu, karena banyak dari bahan bangunan itu perlu dikirim, rantai pasokan bisa terancam dan kemacetan bisa terjadi. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: