Ridwan Kamil Pernah Tawarkan Kertajati Aerocity ke UEA, Apa Hasilnya?

 Ridwan Kamil Pernah Tawarkan Kertajati Aerocity ke UEA, Apa Hasilnya?

Gubernur Ridwan Kamil--

RADARMAJALENGKA.COM-September 2023, M Ridwan Kamil akan mengakhiri jabatannya sebagai Gubernur Jawa Barat (Jabar). Pria yang akrab disapa Kang Emil ini, masih ada kesempatan satu periode lagi untuk menjadi Gubernur Jabar. 

Tentu syaratnya harus memenangi dalam Pemilihan Gubernur Jawa Barat pada tahun 2024 mendatang.

BACA JUGA:Dinilai Gegabah soal Al Zaytun, Ridwan Kamil Digugat Panji Gumilang Rp 9 Triliun

Banyak jasa selama lima tahun Kang Emil memimpin Jawa Barat. Salah satunya adalah mengusulkan kepada Presiden Joko Widodo untuk membangun Kawasan Metropolitan Rebana.

Usulan Gubernur Ridwan Kamil itu disambut baik oleh pemerintah pusat. Presiden pun mengeluarkan Peraturan Presiden (Perpres) 87 tahun 2021. Salah satu isinya adalah pengembangan Kawasan Metropolan Rebana.

BACA JUGA:Kertajati Lebih Cocok Jadi Ibukota Jawa Barat, Daripada Walini dan Tegalluar, Ini Alasannya

Kawasan Metropolitan Rebana merupakan wilayah utara/timur laut Provinsi Jabar. Meliputi tujuh daerah, yakni Kabupaten Sumedang, Majalengka, Cirebon, Subang, Indramayu, dan Kuningan, serta Kota Cirebon.

Penduduk di kawasan Rebana Metropolitan berjumlah 9,28 juta. Sekitar 18,82 persen dari total 49,3 juta jiwa penduduk Jabar per 2019.

BACA JUGA:Keberadaannya Masih Misterius, Sisa Potongan Hiasan Atap Tersimpan, Adakah Candi di Parungjaya Majalengka?

Sebagai jantung pertumbuhan kawasan ini, ada Pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang dan Bandarudara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Kabupaten Majalengka. Juga ada Kota dan Kabupeten Cirebon. Daerah yang awalnya disebut Segitiga Rebana itu, berfungsi sebagai pusat konektivitas dan logistik.

Rebana Metropolitan diproyeksikan sebagai motor penggerak pertumbuhan ekonomi Jabar di masa depan. Melalui pengembangan kawasan industri yang terintegrasi, inovatif, kolaboratif, berdaya saing tinggi, serta berkelanjutan.

BACA JUGA:Jokowi Teken Zona Perkotaan Kawasan Rebana, Kecamatan Ini Berubah Jadi Kota Bandara Pertama di Indonesia

Intinya Rebana Metropolitan ini merupakan kawasan yang menjadi muka dan masa depan Jawa Barat. Sekarang sudah ditandai dengan beroperasinya kembali BIJB Kertajati. Juga sudah dibuka total Tol Cisundawu.

Salah satu daerah yang menjadi tumpuan kemajuan Rebana Metropolitan adalah Kecamatan Kertajati. Terutama pengembangan Aerocity Kertajati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: