Majalengka Dilalui Ancaman Besar Sesar Ini, Bentangannya Sepanjang 100 Kilometer, Pernah Guncang Batavia

Majalengka Dilalui Ancaman Besar Sesar Ini, Bentangannya Sepanjang 100 Kilometer, Pernah Guncang Batavia

© Twitter.com/@Daryono BMKG--

BACA JUGA:Buah Kelapa Memiliki Banyak Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh Loh! Yuk Simak Beberapa Manfaatnya

Salah satu bangunan di Buitenzorg yang mengalami kerusakan akibat gempa bumi ini adalah kediaman Gubernur Jenderal Hindia Belanda yang sekarang dikenal sebagai Istana Bogor.

Satu bangunan penting lain yang hancur karena gempa bumi ini adalah gedung milik Johan Maurits Mohr di Batavia. Mohr sendiri ialah seorang pendeta cum astronom Belanda kelahiran Jerman.

Gedung itu bernilai penting karena Mohr membangun observatorium di lantai teratasnya. Gedung observatorium Mohr mulai dibangun pada 1765 dan selesai pada 1768.

“Biaya pembangunan bangunan setinggi 80 kaki ini diperkirakan 80.000 ‘ryksdaalders’ atau 200.000 gulden. Megahnya bangunan milik Mohr ini bahkan mengungguli bangunan kediaman Gubernur Jenderal di Buitenzorg,” tulis Robert Harry van Gent dalam artikel “Observations of the 1761 and 1769 transits of Venus from Batavia” yang terbit dalam Proceedings of the International Astronomical Union (2004, hlm. 68).

BACA JUGA:Top 5 Rekomendasi untuk Destinasi Wisata Libur Lebaran 2024 Oleh Disparbud Majalengka 

Dalam studi “Analisis Geomorfologi Tektonik Sistem Sesar Baribis di Daerah Majalengka dan Sekitarnya” yang terbit dalam jurnal Gunungapi dan Mitigasi Bencana Geologi (Vol. 5, No. 2, Juli 2013), Aminudin Hamzah dkk. menyebut, “Sistem Sesar Baribis merupakan salah satu sistem sesar naik utama yang berkembang di Jawa Barat dan pertama kali dicetuskan oleh Martodjojo (1984).

”Pangkal dari ramainya pemberitaan mengenai Sesar Baribis ini adalah terbitnya hasil penelitian yang dilakukan oleh S. Widiyantoro. P. Supendi, dan kawan-kawan yang berjudul “Implications for Fault Locking South of Jakarta from an Investigation of Seismic Activity along the Baribis Fault, Northwestern Java, Indonesia”. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: