Tips Cara Menolak Ajakan Kerja Lembur, Prioritaskan Dirimu Agar Fisik Terjaga Sehat

Tips Cara Menolak Ajakan Kerja Lembur, Prioritaskan Dirimu Agar Fisik Terjaga Sehat

Bekerja untuk menghindari lembur kerja kurang menyenangkan--Thejas - Tangkapan layar

RADARMAJALENGKA.COM - Kerja lembur mungkin masih diterapkan pada beberapa perusahaan dan banyak pegawai yang ternyata aktif dalam melakukan hal tersebut.

Sebetulnya lembur kerja ini memang bisa disebabkan karena berbagai faktor, seperti misalnya karena memang sistem kerja shift, pekerjaan yang terlalu banyak, atau pun sistem kerja yang terbilang overtime.

Pada beberapa situasi mungkin kamu akan menemukan adanya rekan kerja yang mengajakmu untuk melakukan lembur, meski tentu saja ini bukanlah pilihan yang tepat karena banyaknya efek dari lembur tersebut.

Oleh sebab itu, coba praktikan beberapa cara menolak ajakan lembur kerja agar kamu tak sampai merasa terbebani lagi.

BACA JUGA:Ketahui, Inilah Gaya Produktivitas yang Pengaruhi Fokus Ketika Bekerja

Cara pertama, Kamu mungkin selalu berusaha menghindari kemungkinan untuk melakukan lembur, namun bukan berarti kamu tidak bisa bersikap lebih fleksibel.

Sebetulnya bersikap fleksibel tersebut akan menunjukkan dirimu yang tidak masalah untuk lembur selama memang tidak dilakukan secara berlebihan.

Kamu bisa saja melihat situasi terlebih dahulu untuk menentukan apakah memang sekiranya tepat atau pun tidak untuk melakukan lembur kerja.

Jika memang dirasa tidak memungkinkan tentu kamu bisa saja menolaknya, namun jika memang dirasa waktunya memungkinkan tentu tidak masalah jika menerima tawaran lembur tersebut.

BACA JUGA:Rekomendasi Tips Mengatasi Kejenuhan dan Rasa Bosan Ketika Bekerja

Cara kedua, Kamu pasti memiliki alasan tersendiri mengapa memutuskan untuk menolak tawaran lembur kerja tersebut.

Sebetulnya menolak tawaran lembur kerja tiak menja masalah selama memang kamu menolaknya dengan alasan-alasan yang terbilang masuk akal, serta dilakukan dengan jujur.

Hindari berbicara buruk atau pun mengatakan hal-hal yang tidak pantas sebagai alasanmu untuk menolak tawaran kerja lembur karena hal tersebut dapat menyinggung perasaan rekan kerjamu.

Oleh sebab itu, kejujuran dirasa menjadi hal penting agar rekan kerja dapat memahamimu dan kamu pun tidak merasa terbebani dengan tawaran lembur tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarmajalengka.com