Dampak Angin Kencang di Majalengka 2 Peristiwa Terjadi, Kebakaran dan Pohon Tumbang

Dampak Angin Kencang di Majalengka 2 Peristiwa Terjadi, Kebakaran dan Pohon Tumbang

Pohon Tumbang.-ist-Radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Majalengka mencatat ada dua peristiwa akibat angin kencang terjadi di dua titik Kabupaten Majalengka. Kedua peristiwa itu, yakni kebakaran lahan dan pohon tumbang.

Penata Penanggulangan Bencana Ahli Muda BPBD Majalengka, Rezza Permana mengungkapkan, dua peristiwa tersebut masing-masing terjadi di Desa Leuwiseeng, Kecamatan Panyingkiran dan di Jalan Raya Kelurahan Cijati, Kecamatan Majalengka.

"Untuk kebakaran lahan terjadi pada pukul 04.00 WIB. Sedangkan, pohon tumbang terjadi satu jam setelahnya yang mengakibatkan arus lalu lintas sempat tersendat," kata Reza, Kamis 20 Juli 2023.

Beberapa kejadian bencana yang menimpa di kawasan Majalengka lainnya yakni kebakaran lahan di wilayah Leuwiseeng, kemudian sekitar pukul 05.00 WIB terjadi pohon tumbang di wilayah Kota Majalengka.

BACA JUGA:Peringati 1 Muharam, Desa-desa di Kecamatan Sindangwangi Gelar Pawai Obor

BACA JUGA:Satlantas Polres Majalengka Luncurkan Kegiatan Binluh Dikmas Lantas untuk Ojek Pangkalan

Dua peristiwa itu, lanjut Rezza, sudah dalam penanganan, dan satu jam yang lalu telah selesai ditangani. Adapun, pohon yang tumbang itu selain menghambat arus lalu lintas juga merusak sebuah pagar rumah warga dan jaringan telekomunikasi maupun PLN.

Besaran pohon tumbang berdiameter 45 sentimeter yang mengakibatkan pagar rumah dan sarana telekomunikasi serta jaringan PLN sempat terganggu. "Untuk penanganan pohon tumbang saat ini sudah selesai dilaksanakan dan alhamdulillah lalu lintas di sekitar lokasi sudah kembali lancar," ucapnya.

Ia tak memungkiri, dua peristiwa tersebut disebabkan oleh adanya angin kencang. Di mana, kebakaran terjadi akibat tiupan angin kencang yang membuat kobaran api yang mulanya kecil lalu semakin meluas.

Sedangkan, angin kencang juga membuat sebuah pohon berukuran besar bisa tumbang. Terlebih belakangan ini angin di wilayah Majalengka cukup kencang sesuai dengan peringatan dini BMKG.

BACA JUGA:Persiapan HUT RI ke-78, Kapolsek Sindangwangi Pantau Pelatihan Paskibra di Lapangan Bola Desa Sindangwangi

Sehingga mengakibatkan beberapa pohon dan utilitas di wilayah Majalengka terdampak, seperti pohon tumbang maupun ada tiang telekomunikasi yang roboh.

Majalengka sendiri merupakan Kota Angin, kota yang terkenal akan anginnya kencang dan sangat rawan terjadi bencana ekstrem khususnya angin kencang di musim kemarau ini.

"Untuk itu, kami mengimbau kepada masyarakat di wilayah Majalengka untuk mewaspadai akibat adanya angin kencang di musim kemarau seperti sekarang ini," imbaunya. (ono)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: