Bandara Kertajati Sangat Tergantung Tol Cisumdawu, Maskapai Pun Nunggu Waktu Pindahan

Bandara Kertajati Sangat Tergantung Tol Cisumdawu, Maskapai Pun Nunggu Waktu Pindahan

Bandara Kertajati sangat tergantung dengan Tol Cisumdawu.-Baehaqi-radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Bandara Kertajati sangat tergantung dengan Tol Cisumdawu, sehingga maskapai pun belum mau pindah sebelum akses tersebut jadi.

Karenanya, diperkirakan pada Juni 2023 nanti, saat Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan selesai dikerjakan, Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) baru benar-benar kembali dihidupkan kembali.

Pasalnya saat ini baru Maskapai AirAsia yang membuka penerbangan ke Bandara Kertajati menuju ke Kuala Lumpur dengan jadwal 2 kali per minggu.

Sedangkan maskapai yang ada di Bandara Husein Sastranegara diperkirakan baru akan pindah setelah Tol Cisumdawu selesai.

BACA JUGA:AKHIR MEI, Tol Cisumdawu Selesai dan Ditargetkan Sudah Beroperasi, Bandung - Majalengka 1 Jam

Saat ini, di Bandara Husein Sastranegara Bandung beroperasi 4 maskapai yakni Super Air Jet, Wings Air, Citilink, dan AirAsia.

Mengacu pada rencana pemindahan yang mengutamakan pesawat jet lebih dahulu, diperkirakan akan ada Maskapai Super Air Jet, Citilink dan AirAsia yang pindah ke Bandara Kertajati.

Faktor Tol Cisumdawu tentunya akan sangat menentukan kesediana dari maskapai untuk pindah ke BIJB Kertajati.

Mengingat saat ini perjalanan dari Bandung ke Kertajati butuh waktu setidaknya 2 jam.

BACA JUGA:HORE, Bhinneka Buka Rute Perjalanan Kertajati - Bandung, Menyesuaikan Jadwal Pesawat

Baik melewati Tol Cipularang - Cipali maupun lewat Tol Cisumdawu - Kadipaten - Kertajati. Pasalnya, sebagian masih harus menggunakan jalan raya umum Cirebon - Bandung via Kadipaten.

Direktur PT BIJB (Perseroda), Muhammad Singgih berharap maskapai segera pindah dari Bandara Husein Sastranegara Kota Bandung ke Bandara Kertajati Majalengka.

Menurut dia, cepat atau lambat seluruh penerbangan bakal dialihkan dari Bandara Husein Sastranegara ke Bandara Kertajati Majalengka. 

Dia juga meyakinkan bahwa BIJB Kertajati bisa melayani masyarakat yang akan bepergian bahkan untuk internasional. Beberapa waktu yang lalu, juga telah menerbangkan umrah, dan akan diikuti haji.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: