AKHIR MEI, Tol Cisumdawu Selesai dan Ditargetkan Sudah Beroperasi, Bandung - Majalengka 1 Jam

AKHIR MEI, Tol Cisumdawu Selesai dan Ditargetkan Sudah Beroperasi, Bandung - Majalengka 1 Jam

Pembangunan Tol Cisumdawu diharapkan selesai pada akhir Mei 2023.-Adhi Karya-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Akhir Mei 2023 Tol Cisumdawu ditargetkan selesai dan beroperasi penuh untuk Seksi 4 sampai dengan 6.

Dengan selesainya pembangunan Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan, diperkirakan waktu tempuh dari Bandung ke Majalengka menjadi hanya 1 jam saja.

Saat ini, konstruksi Jalan Tol Cisumdawu hanya tersisa di Seksi 4B yakni untuk pekerjaan Interchange Legok dan main road Gerbang Tol Paseh.

Sedangkan di Seksi 5 setidaknya ada 3 lokasi yang masih dalam tahap pembangunan main road yakni Seksi 5A STA 40+200, pembangunan Jembatan Gunung Puyuh di STA 51+000 dan penanganan tanah labil di STA 52+000.

BACA JUGA:HORE, Bhinneka Buka Rute Perjalanan Kertajati - Bandung, Menyesuaikan Jadwal Pesawat

Khususnya untuk Seksi 5A, berdasarkan laporan harian dari PT Adhi Karya terhitung tanggal 13 Mei 2023, pembangunan main road sudah mencapai 5,5 kilometer dari rencana 6,5 kilometer.

Pekerjaan selanjutnya adalah penguatan tebing dengan pembetonan dengan teknik penyemprotan.

Diharapkan pada akhir Mei nanti, seluruh pekerjaan yang disebutkan tersebut dapat diselesaikan tepat waktu dan beroperasi secara fungsional.

Tol Cisumdawu memiliki panjang hampir 62 kilometer dan menghubungkan Cileunyi sampai Kertajati. Ujung dari ruas tol ini, terhubung ke Tol Cipali via Junction Dawuan.

BACA JUGA:Tempat Wisata Favorit di Majalengka yang Harus Dikunjungi, Jangan Sampai Terlewat

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono menginginkan, pembangunan jalan tol tersebut tidak hanya selesai, tetapi sudah beroperasi secara fungsional dua arah yakni Jalur A dan B untuk menunjang aktivitas Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati Majalengka.

"Akhir Mei seluruh ruas Tol Cisumdawu diharapkan sudah beroperasi penuh, untuk mendukung operasional Bandara Kertajati," kata Menteri PUPR, belum lama ini.

Direktur Jenderal Bina Marga, Heddy Rahadian yang melakukan kunjungan ke Seksi 4 dan 5 untuk meninjau progres pembangunan juga meminta agar pekerjaan dapat segera dituntaskan.

Hedy juga menginginkan pembangunan akses ke Gerbang Tol Paseh yang tersambung ke Jalan Raya Paseh - Conggeang dapat segera diselesaikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: