Banjir Hebat Melanda Kota Sultan 'Dubai' Lumpuhkan Beberapa Sektor-Sektor Penting Seperti Bandara!

Banjir Hebat Melanda Kota Sultan 'Dubai' Lumpuhkan Beberapa Sektor-Sektor Penting Seperti Bandara!

Potret landasan pacu di Dubai Airport yang terendam banjir dan melumpuhkan bandara.-Sumber istimewa-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Kali ini dunia dihebohkan dengan adanya tragedi yang menimpa bahkan merugikan salah satu Kota di jazirah Arab, sebagai negara yang dikenal karena kekayaan dan kemewahan, siapa lagi kalau bukan Kota Dubai.

Banjir Dubai ini membuat seluruh ruas kota-kota penting jadi terendam, dan banyak pula diantara sektor-sektor penting dan krusial menjadi terhambat karena bencana Banjir ini sebut saja seperti sektor penerbangan bandara Dubai Airport, setidaknya bencana Banjir ini membuat Dubai menjadi lumpuh total, karena intensitas Banjir nya juga cukup tinggi, hampir menutupi permukaan mobil, dan hanya menyisakan atap mobil saja yang terlihat, seluruhnya hanyalah genangan air Banjir.

Para ahli memiliki pendapat bahwa, bencana alam seperti banjir yang melanda Dubai ini adalah disebabkan dari perubahan iklim yang memburuk, yang mampu menyebabkan kondisi curah hujan badai dengan intensitas yang tinggi.

Pada artikel berikut ini, yang merupakan isi dari beberapa rangkuman sumber yang ada, akan membahas mengenai sektor penting apa saja yang lumpuh di Dubai karena bencana banjir ini? Serta apa yang menjadi penyebab dari banjir Dubai ini? Simak selengkapnya pada artikel berikut ini. 

BACA JUGA:Respons Orang Tua Terhadap Perubahan Aturan Seragam Sekolah Baru 2024, Ada yang Mengkritik Serta Mengeluh

Bencana banjir ini bisa terbilang cukup hebat karena Dubai sebelumnya belum pernah diterjang dengan intensitas bencana banjir seperti ini, terlebih lagi Dubai juga belum pernah mengalami intensitas curah hujan yang besar dalam satu hari, yang dapat menyebabkan bencana banjir hebat seperti ini. Seperti yang diketahui bahwa banjir mulai melanda Dubai, karena awalnya disebabkan dari intensitas curah hujan yang sangat tinggi, pasalnya hujan badai menerpa Dubai selama 3 jam lamanya dengan besaran 21 mm atau lebih tepatnya 259 mm dalam satu hari dari hasil pengukuran, seperti yang dikutip dari berbagai sumber.

Para ilmuwan telah memberikan pendapat bahwa perubahan iklim memainkan peranan penting dan dapat menjadi sebab terjadinya banjir hebat di Dubai. Seperti yang dikemukan oleh ilmuwan yang bernama Esraa Alnaqbi sebagai ilmuwan prakirawan cuaca senior di lembaga NCM, ia menuturkan "Sistem tekanan rendah di bagian atas atmosfer, ditambah dengan tekanan rendah di permukaan, telah bertindak seperti tekanan di udara," 

Pun ilmuwan lain dari Vrije Universiteit Amsterdam, yang bernama Dim Coumou, seorang profesor iklim ekstrim mengatakan kepada Reuters ia menuturkan bahwa "Curah hujan akibat badai petir, seperti yang terjadi di UEA dalam beberapa hari terakhir, mengalami peningkatan yang kuat seiring dengan pemanasan. Hal ini karena konveksi, yang merupakan aliran udara ke atas yang kuat saat terjadi badai petir, akan semakin kuat saat bumi memanas," 

Banjir Dubai ini membuat seluruh sektor-sektor penting jadi lumpuh, sebut saja Dubai Airport sebagai bandara penerbangan yang mandek karena jalur landasan pacu nya tergenang oleh banjir, beberapa aktivitas perekonomian pun lumpuh, dan Dubai mengalami kerugian material yang cukup parah akibat dari banjir hebat ini. Dan pasokan listrik juga sempat dipadamkan imbas dari banjir hebat ini, pun warga-warga mengalami kerugian yang signifikan karena mobil-mobil miliknya terendam banjir.

BACA JUGA:Waspada Modus Kejahatan Mengganjal Kartu ATM, Bisa Merugikan Hingga Ratusan Juta Rupiah!

Demikian untuk ulasan artikel berikut ini yang merupakan rangkuman dai berbagai macam sumber terkait pembahasan peristiwa bencana alam banjir hebat yang melanda Dubai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: