PENAMPAKAN Mahkota Binokasih Sanghyang Pake Prabu Siliwangi, Kembali ke Galuh Setelah 500 Tahun

PENAMPAKAN Mahkota Binokasih Sanghyang Pake Prabu Siliwangi, Kembali ke Galuh Setelah 500 Tahun

Penampakan Mahkota Binokasih Sanghyang Pake saat dibawa ke Astana Gede Kawali Ciamis yang merupakan pusat Kerajaan Galuh.-Dispar Ciamis-radarmajalengka.com

BACA JUGA:TERJAWAB! Suara Pesawat Jet Tempur yang Bikin Heboh Warga Cirebon, Oh Ternyata

"Segitiga emas itu Sajajar, Saamparan, Sahuluwotan. Sapajajaran antara maya datar dan surabina, dan hutamaya. Bersatu di satu waktu, salamkan kepada seseuh yang berada di Tatar Galuh Ciamis," katanya, dilansir dari publikasi Dinas Pariwisata Ciamis.

Di Kabupaten Ciamis, juga dilakukan kirab Mahkota Binokasih yang merupakan bagian dari Hari Jadi Ciamis dan Sumedang.

Adapun penyerahan mahkota tersebut dilakukan di Bale Reka Panginton Bhumu Niskala Astana gede kawali pada hari Kamis, 11, Mei 2023.

Kemudian dilakukan arak-arakan pada Hari Jumat, 12, Mei 2023. Dan malam harinya dilaksanakan pagelaran Seni Tarawangsa dan Tawasulan.

BACA JUGA:RAHASIA Tahu Sumedang Diungkap di Depan Chef Renatta, Air Gunung Tampomas, Kedelai Majalengka Salah Satunya

Pagelaran tersebut dilaksanakan di Astana Gede Kawali yang merupakan pusat pemerintahan dari Kerajaan Galuh.

Ngarak Pataka dan mahkota tersebut dilakukan di 5 lokasi eks kawedanan Ciamis menuju ke Kawali. Kemudian pataka disimpan di Taman Surawisesa.

Sedangkan Mahkota Binokasih dibawa ke Situ Panjalu dan dikirab ke Istana Presiden RI di Bogor. Wilayah Bogor sampai sekarang diyakini merupakan pusat dari Kerajaan Sunda yang dipimpin oleh Prabu Siliwangi atau Sri Baduga Maharaja.

Kegiatan ngarak Mahkota Binokasih sebelumnya telah dilaksanakan di Kabupaten Sumedang. Yang merupakan bagian dari rangkaian hari jadi.

BACA JUGA:WARGANET HEBOH! Banyak Pesawat Jet di Langit Cirebon, Ada Apa Yah?

Ini merupakan kegiatan perdana dari arak-arakan mahkota tertua di Asia Tenggara tersebut. Apalagi mengunjungi daerah yang merupakan asal muasal dari Kerajaan Sunda.

Ketiga daerah yang dimaksud adalah Sumedang, Ciamis dan Bogor. Masing-masing daerah tersebut memiliki sejarahnya tersendiri dalam perkembangan Kerajaan Sunda maupun Galuh.

Setelah dibawa ke Bogor, nantinya Mahkota Binokasih Sanghyang Pake akan dikembalikan ke Kabupaten Sumedang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: