WADUH! Bandara Kertajati Disebut PSN Gagal: Kita Baru Sadar, Ini Kecepetan

WADUH! Bandara Kertajati Disebut PSN Gagal: Kita Baru Sadar, Ini Kecepetan

Bandara Kertajati Majalengka disebut PSN 'gagal" karena belum ditunjang dengan akses dan ekosistem.-BIJB-radarmajalengka.com

JAKARTA, RADARMAJALENGKA.COM - Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, di Kabupaten Majalengka, disebut sebagai salah satu contoh proyek strategis nasional (PSN) gagal.

Meski tidak secara eksplisit menyebut gagal, namun, Deputi Bidang Koordinasi Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang, Wajyu Utomo menyebut bahwa Bandara Kertajati merupakan salah satu PSN yang belum sukses.

Wahyu juga merinci, ada beberapa faktor yang menyebabkan bandara internasional di Kabupaten Majalengka tersebut kurang sukses.

Salah satunya yakni masalah akses yang selama ini selalu jadi kendala utama. Akses yang dimaksud adalah Jalan Tol Cisumdawu.

BACA JUGA:3 Mega Proyek di Jawa Barat, Nomor 2 di Majalengka Dianggap PSN Gagal, Kok Bisa?

Bahkan ruas tol sepanjang hampir 62 kilometer tersebut, ditargetkan baru selesai pada Juni 2023 atau paling cepat akhir Bulan Mei.

Karena itu, Wahyu tidak ragu menyebut bahwa pembangunan Bandara Kertajati terlalu cepat. Sementara akses pendukungnya belum selesai.

"Ini karena kecepatan, terlalu cepat. Kecepatan pembangunan tidak sama (dengan Tol Cisumdawu)," kata Wahyu, di Jakarta.

Menurut dia, ada pelajaran yang bisa diambil dari bandara lain. Misalnya Bandara YIA di Kulunprogo. Pembangunan bandara ini, sudah didukung dengan ekosistem.

BACA JUGA:3 Deretan Produk Baru Google, Ada Google Pixel 7A, Pixel Tablet, Pixel Fold, Simak Harga dan Spesifikasi Ini

Sehingga begitu dibuka, dapat berkembang dengan baik. Berbeda dengan BIJB Kertajati yang terus terkendala dengan akses.

"Kita belajar dari Bandara Kulonprogo. Kita siapkan semua, termasuk ekosistem. Kita tetap belajar," tuturnya.

Sebab, kata dia, membangun sebuah bandara tentu harus disertai dengan ekosistemnya. Misalnya yang paling sederhana adalah penginapan, hotel untuk kru penerbangan hingga layanan pemadam kebakaran dan rumah sakit.

Kendati demikian, Wahyu yang menyampaikan keterangan tersebut di acara Sewindu PSN, tetap yakin kalau Bandara Kertajati pada akhirnya akan berkembang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: