Agar Kawasan Rebana Segera Maju, Sebaiknya Ibu Kota Jabar Dipindah ke Kertajati Majalengka

Agar Kawasan Rebana Segera Maju, Sebaiknya Ibu Kota Jabar Dipindah ke Kertajati Majalengka

Pelantikan Kepala BP Kawasan Metropolitan Rebana. -Ist-radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Jika ingin kawasan Metropolitan Rebana lebih cepat majunya, sejumlah pihak berharap ibu kota Jawa Barat sekalian dipindah di kawasan itu. 

Seperti diketahui, kawasan Metropolitan Rebana tersebut meliputi sejumlah kabupaten dan kota di Wilayah 3 Cirebon. Juga ditambah Kabupaten Subang dan Sumedang.

Ada sejumlah tempat yang layak untuk menjadi ibukota Jabar di kawasan Metropolitan Rebana. Namun yang paling memenuhi syarat adalah kawasan Aerocity Kertajati Kabupaten Majalengka.

Selain masih banyak lahan yang kosong, di kawasan itu sudah dibangun Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB).

BACA JUGA:CERITA MUDIK: Pemudik Ketinggalan di Rest Area 164 Tol Cipali Majalengka, Dibonceng Polisi Pakai Motor

Bandara yang sekarang sedang mati suri tersebut pun bisa segera bangkit. Tentu apabila ibukota Jawa Barat dipindah ke kawasan di Kecamatan Kertajati Majalengka itu.

Kawasan tersebut pun sangat dekat dengan jalan tol Cipali dan tol Cisundawu. Sehingga akses dari dan menuju kawasan itu sangat mudah.

Harapan menjadikan Kertajati sebagai ibukota Jawa Barat setidaknya disampaikan oleh Forum Bisnis Cirebon. Sejumlah pengusaha di wilayah 3 Cirebon tersebut tergabung dalam forum itu.

“Bagusnya ibukota Jabar sekalian pindah ke Cirebon atau ke Kertajati,” ungkap M Jauharul Fuad, salah satu anggota forum tersebut.

BACA JUGA:6 Lokasi di TOL CISUMDAWU yang Belum Selesai, Masih Ada Bangun Jembatan

Pengusaha properti itu mengungkapkan hal tersebut menanggapi penunjukkan Bernandus Djonoputro sebagai Kepala Badan Pengelola Kawasan Metropolitan Rebana.

Seperti diketahui, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jabar, Ika Mardiah merilis, Gubernur Ridwan Kamil telah menunjuk Bernardus Djonoputro sebagai Kepala Badan Pengelola (BP) Kawasan Metropolitan Rebana. 

Penunjukkan Kepala BP Rebana sesuai mandat Peraturan Presiden Nomor 87 tahun 2021 tentang Percepatan Pembangunan Kawasan Rebana dan Jawa Barat Bagian Selatan. 

BP Rebana bertugas mengoordinasikan dan memfasilitasi pengembangan di wilayah Metropolitan Rebana. Kawasan itu meliputi Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Subang, dan Kabupaten Kuningan. Dari depakan kabupaten/kota tersebut berpenduduk sekitar 10 juta jiwa. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: