PENANTIAN PANJANG, 3 Megaproyek di Jawa Barat Siap Dijajal Habis Lebaran, Kereta Cepat - Tol Cisumdawu

PENANTIAN PANJANG, 3 Megaproyek di Jawa Barat Siap Dijajal Habis Lebaran, Kereta Cepat - Tol Cisumdawu

Kereta Cepat Jakarta Bandung, salah megaproyek di Jawa Barat yang akan beroperasi dalam waktu dekat ini.-KCIC-radarmajalengka.com

BANDUNG, RADARMAJALENGKA.COM - Sejumlah megaproyek di Provinsi Jawa Barat (Jabar) bakal siap digunakan setelah Idul Fitri 1444 H.

Penantian panjang terhadap proyek tersebut, akhirnya selesai juga. Mulai dari jalan tol penghubung Bandung - Majalengka, hingga kereta cepat.

Ragam fasilitas itu, nantinya akan meningkatkan keterhubungan antara berbagai darah di Jawa Barat dengan kawasan ibu kota.

Sehingga sangat diharapkan dapat segera dioperasikan dan dimanfaatkan oleh masyarakat. Misalnya Tol Cisumdawu yang sudah mulai dioperasikan, meski sebagian masih berstatus fungsional.

BACA JUGA:CERITA MUDIK dari Bandung - Majalengka Lewat TOL CISUMDAWU: Dikira 2 Jam, Eh 45 Menit Sampe

Berikut daftar megaproyek di Jawa Barat yang bisa digunakan setelah Idul Fitri:

1. Jalan Tol Cisumdawu

Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan mulai dibangun tahun 2011. Sempat ditargetkan selesai di tahun 2015 untuk menunjang operasional Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Kabupaten Majalengka.

Namun, pembangunan ruas tol tersebut tenyata menemukan banyak hambatan. Sehingga Bandara Kertajati Majalengka malah selesai lebih dahulu, ketimbang akses tolnya.

Imbasnya, operasional Bandara Internasional Kertajati kurang optimal, karena belum didukung sarana konektivitas dengan daerah tetangga.

BACA JUGA:YUK SIMAK Jadwal Arus Balik TOL CISUMDAWU, Mulai 24 April Satu Arah ke Cileunyi di Ruas Fungsional

Pembangunan Tol Cisumdawu memakan waktu 12 tahun, karena menghadapi beberapa persoalan. Mulai dari pembebasan lahan, hingga perubahan trase jalan.

Semula, tol ini akan berakhir di Kecamatan Dawuan, Kabupaten Majalengka. Namun, terjadi perubahan trase jalan di Seksi 5 Kecamatan Conggeang, sehingga ujung dari tol ini berada di Desa Sakurjaya, Kecamatan Ujung Jaya, Kabupaten Sumedang.

Kemudian terkoneksi ke Tol Cipali melalui Junction Dawuan, di Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: