Alasan Jusuf Hamka Ngotot Sebut Pembangunan TOL CISUMDAWU Tak Pakai Uang Negara, Ini Sebabnya

Alasan Jusuf Hamka Ngotot Sebut Pembangunan TOL CISUMDAWU Tak Pakai Uang Negara, Ini Sebabnya

Bos Jalan tol, M Jusuf Hamka menyebut pembangunan Tol Cisumdawu tak pakai uang negara. -Jusuf Hamka/Ig-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Bos jalan tol, M Jusuf Hamka kembali menegaskan bahwa pembangunan tol Cisumdawu tak pakai uang negara. 

Bahkan, Jusuf Hamka mengungkapkan biaya pembiayaan Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan tersebut saat kunjungan menteri. 

Yang pertama saat Menko PMK, Muhadjir Effendy bersama Menhub Budi Karya Sumadi. Kemudian disampaikan lagi saat kunjungan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono

Ditegaskan bos PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) itu, biaya pembangunan Jalan Tol Cisumdawu murni dari swasta dan belum menggunakan uang dari kredit perbankan. 

BACA JUGA:ADA 7 Loh, Ini Daftar Travel Bandung Majalengka via TOL CISUMDAWU, Bisa ke Bandara Kertajati

Adapun kredit dari Bank Syariah Indonesia dan PT Sarana Multi Infrastruktur belum dipakai sampai dengan konstruksi selesai. 

Rencananya, kredit dari bank yang ditandatangani pada 28, Desember 2022 baru akan dipakai untuk pengembangan fasilitas tol tersebut. 

Hal itu disampaikan Jusuf Hamka saat mendampingi Menteri PUPR meninjau rest area sementara Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan di Seksi 4B Legok, Kilometer 194+400.

"Makasih, makasih," kata Basuki saat memeluk Jusuf Hamka, lantaran Jalan Tol Cisumdawu selesai sesuai dengan target dan dapat dioperasikan fungsional dari Cimalaka ke Kertajati. 

BACA JUGA:Tes di Bandara Kertajati, TransNusa Resmi Operasikan Pesawat Made in China Comac ARJ21-700

Dalam kesempatan itu, Jusuf Hamka sempat menimpali bahwa percepatan pembangunan juga tidak lepas dari peran Basuki Hadimuljono yang teru menerus memantau progres konstruksi.

"Berkat Pak Menteri semua jadi on time," kata Jusuf Hamka, memuji peran dari Basuki Hadimuljono dalam pembangunan jalan tol sepanjang kurang lebih 62 kilometer itu.

Ditegaskan oleh Babah Alun, bahwa PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) adalah satu-satunya perusahaan yang walaupun dapat kredit bank, tetapi belum dipakai sepeser pun untuk proses pembangunan.

"Sepeser pun belum dipakai untuk pembangunan," kata Jusuf Hamka menandaskan, yang langsung disambut tepukan menteri PUPR pakai gulungan kertas seraya melayangkan senyum lebar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: