Gerhana Matahari Hibrida Hari Ini, Sebagian Hanya Melihat Gerhana Matahari Parsial

Gerhana Matahari Hibrida Hari Ini, Sebagian Hanya Melihat Gerhana Matahari Parsial

Gerhana matahari hibrida yang bisa disaksikan dalam bentuk parsial di wilayah Jawa Barat.-Yuda Sanjaya/Dok-radarmajalengka.com

Bagaimana Cara Menyaksikan Gerhana?

Lebih lanjut Johan menyampaikan bahwa dalam mengamati gerhana Matahari disarankan untuk tidak melihat Matahari secara langsung tanpa menggunakan filter khusus Matahari.

BACA JUGA:WOW! Sempat Uji Coba di Bandara Kertajati, TransNusa Operasikan Pesawat Made in China Pertama di Indonesia

"Alat yang dapat digunakan untuk mengamati gerhana Matahari adalah teleskop yang dilengkapi filter Matahari, kacamata khusus gerhana Matahari, kamera DSLR lensa telephoto yang dilengkapi filter Matahari dan kamera pinhole (lubang jarum)," tambahnya.

Penelitian Dampak Gerhana

Menurut Johan, Pusat Riset Antariksa BRIN akan melaksanakan pengamatan di Biak dan melakukan kegiatan penelitian yang terbentuk dalam 3 tim.

Tim pertama akan melakukan penelitian Matahari yaitu melakukan prediksi penampakan korona dengan memanfaatkan teknologi artificial intelligence, serta analisis bentuk korona untuk mengetahui fase aktivitas Matahari.

Tim kedua melakukan penelitian ionosfer yang mana akan meneliti dampak gerhana matahari terhadap kondisi ionosfer di Indonesia.

BACA JUGA:One Way Terbukti Mengurangi Kepadatan Kendaraan di Rest Area KM 166 Tol Cipali

Dan tim penelitian ketiga akan melakukan penelitian geomagnet yaitu meneliti dampak gerhana terhadap aktivitas geomagnet.

Dari penelitian-penelitian yang dilakukan ini diharapkan dapat memberikan informasi mengenai dampak gerhana yang dapat berpengaruh pada teknologi-teknologi di Bumi yang berbasis teknologi antariksa seperti navigasi dan telekomunikasi.

Selain itu, penelitian-penelitian ini dapat menjadi momen untuk melakukan validasi model-model antariksa yang selama ini telah dibuat.

Pengujian ini sangat penting untuk mengetahui seberapa baik model yang ada sehingga dampak negatif cuaca antariksa dapat diantisipasi secara akurat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: