INGAT! Mudik dari Cirebon ke Bandung Belum Bisa Lewat TOL CISUMDAWU Ruas Kertajati - Cimalaka

INGAT! Mudik dari Cirebon ke Bandung Belum Bisa Lewat TOL CISUMDAWU Ruas Kertajati - Cimalaka

Warga yang hendak mudik dari Cirebon ke Bandung belum bisa melewati Tol Cisumdawu dari Kertajati - Cimalaka.-Rochamedia/Ist-radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Warga di wilayah Cirebon Raya yang hendak mudik ke Bandung, belum bisa menggunakan Tol Cisumdawu.

Saat beroperasi pada 15 April 2023, Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan berstatus fungsional, karena belum selesai 100 persen.

Selain ada pengaturan jam, untuk ruas Seksi 4 - 6 Jalan Tol Cisumdawu akan dioperasikan satu arah dari Bandung ke Majalengka.

Sementara saat arus balik atau setelah lebaran, akan dioperasikan sebaliknya atau dari arah Majalengka ke Bandung. 

BACA JUGA:SIAP-SIAP! Majalengka Sangat Vital saat Mudik, Pertemuan Tol Cipali - Cisumdawu, Kadipaten Potensi Padat

Oleh karena itu, warga di wilayah Cirebon yang hendak mudik ke Bandung tetap harus menggunakan jalur arteri Kadipaten - Cimalaka, sebelum nantinya masuk ke Tol Cisumdawu via Seksi 3.

Kondisi ini disebabkan beberapa ruas jalan di area konstruksi Seksi 5 yang baru selesai satu jalur. Sehingga tidak bisa digunakan untuk Jalur A dan B.

Lokasi di Seksi 5 yang masih konstruksi berada di STA 40+200 atau dekat Overpass Cidudut Seksi 5A Desa Cipamekar. Bagian ini, masih dalam tahap pengecoran geofoam dan diselesaikan hanya satu jalur dari arah Bandung ke Kertajati.

Berikutnya di Seksi 5A STA 46+050 yang ada di Desa Cacaban, Kecamatan Conggeang. Pada area ini, juga dimungkinkan selesai hanya satu jalur.

BACA JUGA:JADWAL LENGKAP One Way TOL CISUMDAWU Cimalaka - Kertajati, Mohon Disimak!

Dan terakhir adalah di Seksi 5B STA 51+000 yang ada di Desa Babakan Asem, yang terdapat pembangunan Jembatan Gunung Puyuh dan baru diselesaikan satu jalur lebih dahulu.

Seperti diketahui, ratusan juta orang yang akan mudik ini terkonsentrasi di Pulau Jawa. Di wilayah Jabodetabek, diperkirakan akan ada 18,3 juta pemudik yang akan melalui Jalan Tol Trans-Jawa.

Sementara itu, estimasi pemudik dari Jawa Barat tahun ini mencapai 14,9 juta orang. Sebagian besar dari Bandung Raya yang melakukan pergerakan ke daerah lain di sekitarnya, muapun ke Jawa Tengah.

Gubernur Jawa Barat, M Ridwan Kamil mengatakan, untuk Seksi 1 - 3 Tol Cisumdawu akan beroperasi normal saat mudik dan bisa dilintasi kedua arah baik dari Bandung ke Sumedang dan sebaliknya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: