SIMAK! Jadwal TOL CISUMDAWU Beroperasi Cimalaka - Dawuan Beroperasi saat Mudik

SIMAK! Jadwal TOL CISUMDAWU Beroperasi Cimalaka - Dawuan Beroperasi saat Mudik

Jadwal Tol Cisumdawu beroperasi pada Seksi 4 sampai dengan 6 yakni mulai 15 April 2023.-Yuda Sanjaya-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Tol Cisumdawu akan dipakai untuk mudik lebaran 2023, sesuai dengan jadwal yang ditentukan oleh pemerintah yakni pada 15 April mendatang.

Karenanya pengendara yang hendak melintas di Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan agar memperhatikan jadwal pengoperasian khususnya pada ruas seksi 4 sampai dengan 6.

Sebab, pada Jalan Tol Cisumdawu ruas Cimalaka sampai dengan Dawuan, masih belum penuh 24 jam. Melinkan hanya pada jam tertentu saja.

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengatakan, sesuai dengan rencana tol tersebut akan beroperasi pada 15 April.

BACA JUGA:Perbaikan Jalan Majalengka-Rajagaluh Belum Rampung

Adapun setiap harinya untuk ruas Seksi 4 sampai dengan 6 hanya akan dibuka sampai dengan pukul 15.00 WIB.

Kondisi tersebut tidak lepas dari ruas jalan tol yang masih beroperasi secara fungsional dan mempertimbangkan keselamatan serta keamanan pengguna jalan.

Kendati demikian, beroperasinya Tol Cisumdawu akan sangat membantu kelancaran arus lalu lintas dari Bandung ke arah Majalengka, Cirebon dan Semarang saat arus mudik nanti. 

“Jadi kepada saudara-saudara kita yang akan mudik dari Bandung menuju ke arah Cipali melalui tol Cisumdawu, atas izin dari Menteri PUPR, hanya dapat dioperasikan dari siang hari hingga sore pukul 15.00 WIB,” tutur Menhub, saat meninjau lokasi.

BACA JUGA:UNIK! Melihat Jalan Beralasakan Styrofoam di TOL CISUMDAWU, Ada Ditempat Ini

Kepala Koprs Lalu Lintas (Korlantas) Polri, Irjen Pol Firman Santyabudi menjelaskan, seksi 4, 5, dan 6 tidak memungkinkan beroperasi penuh, karena riskan bagi pengemudi.

“Informasi dari lapangan bahwa daerah masih berkabut. Itu juga riskan, para pengemudi," kata Firman dalam keterangan tertulis.

Pihaknya, tidak ingin masyarakat yang menggunakan ruas Seksi 4 sampai dengan 6 terjebak di malam hari. Sementara konsentrasi petugas kepolisian juga terfokus pada lalu lintas di Tol Cikopo Palimanan (Cipali).

"Kita tidak berharap mereka (pemudik) nanti terjebak pada saat malam hari, sementara kita masih disibukkan dengan lonjakan di jalur tol Cipali yang memang cukup deras menurut prediksi kita,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: