SEGERA! Habis Lebaran Penerbangan Pesawat Jet dari Bandara Husein Pindah ke Kertajati Majalengka

SEGERA! Habis Lebaran Penerbangan Pesawat Jet dari Bandara Husein Pindah ke Kertajati Majalengka

Inspeksi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menko PMK Muhadjir Effendy, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono ke BIJB Kertajati. Rencananya, penerbangan pesawat jet akan pindah dari Bandara Husein Sastranegara ke Kertajati Majalengka.-Baehaqi-radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati Kabupaten MAJALENGKA akan segera dioptimalkan dalam waktu dekat.

Bahkan, Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi menyatakan sudah ada rencana untuk mengalihkan penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara Kota Bandung ke Kertajati.

Untuk tahap awal, rencananya seluruh pesawat jet akan dialihkan dari Bandara Husein ke Kertajati. Sementara untuk pesawat propeler selama satu tahun ke depan masih diperbolehkan untuk beroperasi di Bandara Husein.

"Memang kita sudah berkoordinasi dengan gubernur, Kertajati akan jadi hub Jawa Barat. Kita harus merencanakan agar magnet pergerakan udara ada di Kertajati," kata Menhub, saat konferensi pers di BIB Kertajati Majalengka, Minggu, 9, April 2023.

BACA JUGA:TERSISA 6 Hari Lagi TOL CISUMDAWU Dipakai Mudik, Ini 3 Lokasi yang Masih Belum Selesai

Diungkapkan Menhub, dalam diskusi dengan gubernur, rencananya pada saat Bandara Kertajati pertama kali beroperasi nanti, dimuali dengan tahap semua pesawat jet pindah dari Bandara Husein.

"Ada keuntungan yang baik bila melakukan itu, Jawa Barat menjadi lebih merata. Husein yang secara keselamatan sudah memiliki risiko," tandasnya.

Rencananya, pengoptimalan Bandara Kertajati akan dilakukan secara bertahap setelah Idul Fitri. Sampai nantinya seluruhnya dipindahkan.

"Akan dilakukan perlahan setelah lebaran akan ada intensifikasi pesawat jet. Tapi kita masih memberikan propeler untuk satu tahun pindah semua ke sini," tandasnya.

BACA JUGA:6 HARI LAGI Tol Cisumdawu Mau Dipakai Mudik, Begini Kondisi Terkini di Lokasi, Ada yang Belum Nyambung

Sementara itu, Direktur Angkasa Pura (AP) II, Muhammad Awaludin menambahkan, pada dasarnya Bandara Kertajati sudah sangat siap untuk menjadi hub penerbangan. Sebab, kendala selama ini adalah belum tersambungnya Tol Cisumdawu.

"Tapi mulai 15 April sudah beroperasi meski beberapa ruas masih fungsional. Secara kesiapan sudah sangat siap, berkaitan infrastruktur dan penudukung lainnya mulai taxi way, runway," tandasnya. 

Disampaikan Awaludin, dengan runway yang dimiliki Bandara Kertajati, penerbangan internasional menjadi sangat terbuka.

Apalagi, bandara ini sudah punya lisensi internasional dan pada 15 April juga 9 Mei akan ada penerbangan umrah. Disusul penerbangan haji untuk embarkasi dan debarkasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: