WOW! Ternyata TOL CISUMDAWU Bikin Rekor Fungsional Terpanjang saat Mudik Lebaran

WOW! Ternyata TOL CISUMDAWU Bikin Rekor Fungsional Terpanjang saat Mudik Lebaran

Cisumdawu akan menjadi jalan tol fungsional terpanjang yang beroperasi untuk arus mudik lebaran 2023.-Yuda Sanjaya-radarmajalengka.com

JAKARTA, RADARMAJALENGKA.COM - Tol Cisumdawu ternyata bakal menjadi ruas fungsional terpanjang saat mudik lebaran 2023.

Karena berstatus fungsional, Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan juga perlu penanganan ekstra dari segi fasilitas pendukung.

Apalagi, saat beroperasi nanti, Jalan Tol Cisumdawu belum dilengkapi dengan rest area atau fasilitas penunjang lain seperti stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU).

Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdar) Kementerian Perhubungan, Kemenhub), Hendro Sugianto mengungkapkan, perlunya sejumlah langkah antisipasi yang dilakukan.

BACA JUGA:Penerbangan dari Bandara Kertajati ke Kuala Lumpur, Berangkat Rabu Pulang Minggu

Salah satunya adalah dengan menyediakan rest area sementara yang dapat dipakai pemudik untuk sekadar beristirahat, sebelum melanjutkan perjalanan.

Kemudian menyiapkan pengisian BBM secara mobile, sebagai antisipasi pemudik kehabisan bahan bakar ketika melintas di ruas tol tersebut.

Dirjen Hubdar, Hendro Sugianto menjelaskan, saat ini jalan tol fungsional yang paling panjang adalah Cisumdawu.

"62 kilometer, belum ada perlengkapan apapun dan difungsikan di siang hari," kata Hendro, yang hadir di FGD Harian Kompas, Sabtu, 8, April 2023.

BACA JUGA:3 Wisata di Majalengka yang Paling Banyak Diminati, Cocok Buat Libur Lebaran

Oleh karena itu, kata Dirjen Hubdar, nantinya akan dibangun beberapa tempat istirahat sementara. Termasuk fasilitas pengisian BBM secara mobile.

"Jadi nanti juga akan ada tempat istirahat sementara dan ada bensin yang mobile. Pemanfaatannya siang hari," kata Dirjen Hubdar.

Tidak hanya itu, dia juga menegaskan bahwa Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan hanya akan beroperasi di siang hari. Sebab, sebagian ruas tol tersebut, belum sepenuhnya terpasang penerangan jalan.

"Cisumdawu pemanfaatannya hanya siang hari," kata Hendro, masih di acara tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: