SIAP SIAP! Tol Cisumdawu Ada Contra Flow, One Way atau Buka Tutup di Seksi 4-6

SIAP SIAP! Tol Cisumdawu Ada Contra Flow, One Way atau Buka Tutup di Seksi 4-6

Tol Cisumdawu akan dibelakukan rekayasa lalu lintas termasuk contra flow di Seksi 4 sampai 6.-Yuda Sanjaya-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Tol Cisumdawu akan dilakukan rekayasa lalu lintas baik contra flow, one way, atau buka tutup.

Tetapi untuk penentuan rekayasa lalu lintas yang dipakai di Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan, akan dilakukan oleh Korlantas Polri.

Mengingat terdapat dua mode pengoperasian yang berbeda di Jalan Tol Cisumdawu pada 15 April 2023 atau saat arus mudik lebaran nanti.

Untuk tol Cisumdawu, saat ini Seksi 1-3 telah operasional, sedangkan Seksi 4-6 akan dibuka fungsional tanggal 15 April 2023.

BACA JUGA:4 Wisata Alam Sumedang Dekat Tol Cisumdawu, Ada Danau Hingga Hutan Bersejarah

Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono menyatakan bahwa ruas tol tersebut akan menghubungkan Bandung dengan Cirebon.

Tetapi sebagian dari ruas tol tersebut terutama di Seksi 5 sepanjang 14,9 kilometer, akan diberlakukan satu arah.

"Jadi sudah tembus dari Bandung ke Cirebon," kata Menteri PUPR di Rapat Kerja Komisi V DPR RI terkait kesiapan infrastruktur untuk mudik.

Dengan pengoperasian Tol Cisumdawu di mana sebagian masih fungsional dan ada yang satu arah, Basuki menyampaikan, nantinya akan dilakukan sejumlah rekayasa lalu lintas.

BACA JUGA:Kisah Melody, Pernah Tidak Bisa Jalan Kini Melenggang di Catwalk Jogja Fashion Parade

"Untuk pengaturan lalu lintasnya akan mengikuti arahan Korlantas, apakah akan diberlakukan contraflow, one way, atau buka-tutup," jelasnya. 

Sementara itu, dikutip dari publikasi PT Adhi Karya, bahwa saat beroperasi fungsional untuk mudik lebaran 2023, Seksi 5A Tol Cisumdawu hanya akan beroperasi 1 jalur.

Kemungkinan 1 jalur yang dioperasikan adalah dari arah Bandung ke Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka.

Pertimbangan ini, tidak lepas dari masih berlangsungnya konstruksi di sejumlah lokasi. Bahkan pekerjaan yang dilakukan terhitung masih berat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: