WOW! Jusuf Hamka Bangun Jalan Tol Cisumdawu Pakai Duit Pribadi, Pinjaman dari Bank Belum Dipakai

WOW! Jusuf Hamka Bangun Jalan Tol Cisumdawu Pakai Duit Pribadi, Pinjaman dari Bank Belum Dipakai

Pengusaha Jusuf Hamka bangun Jalan Tol Cisumdawu dengan dana pribadi.-Denny Sumargo/Ist-radarmajalengka.com

BACA JUGA:MENGGELIAT LAGI! 2 Kali Seminggu AirAsia Terbang Kertajati - Kuala Lumpur PP

Dana yang diberikan dapat menggenjot penyelesaian konstruksi Seksi 4 hingga 6 serta Dawuan Junction.

Tujuan pemberian fasilitas pembiayaan MMq untuk Pembiayaan Investasi (Refinancing) atas Hak Konsesi Pengusahaan Jalan Tol Ruas Jalan Tol Cileunyi – Sumedang – Dawuan seksi 3,4,5, dan 6.

Menurut Jusuf Hamka, dirinya menggunakan sebagian besar uang pribadi untuk progres sampai dengan 80 persen. Kemudian sisanya pembiayaan dari bank syariah untuk menuntaskan sisanya.

Jusuf Hamka baru menandatangani pembiayaan Tol Cisumdawu sebesar Rp5,5 triliun pada 28, Desember 2022. Padahal, di tahap tersebut proyek sudah tinggal 20 persen lagi selesai.

BACA JUGA:LUAR BIASA! Proyek Sangkuriang Jembatan Gunung Puyuh Tol Cisumdawu Hampir Jadi

Ternyata, 80 persen pembiayaan proyek tersebut sebelumnya diambil dari duit pribadi. Dia mengistilahkannya dengan 'duit anak kampung'.

"Alhamdulillah duit anak kampung, ini swasta yang membangun untuk negeri. Ini bukan jalan tol satu-satunya, kita udah ada enam," tandas Jusuf Hamka.

Dia menambahkan, ketika ada yang menyebutkan pembangunan jalan tol menggunakan uang pemerintah, hal tersebut tidak sepenuhnya benar.

Sebab, yang sesungguhnya adalah ada kolaborasi antara pemerintah, badan usaha milik negara (BUMN) dengan perusahaan swasta.

BACA JUGA:WASPADA! Majalengka Bakal Menerima Limpahan Pemudik dari Cisumdawu dan Cipali

"Jadi nggak ada duit pemerintah. Itu bohong. Ini kolaborasi pemerintah, BUMN dan swasta. Kalau orang nyinyir sama pemerintah salah besar, ini swasta berbakti untuk negeri," beber dia.

Khusus di Tol Cisumdawu, ada rencana membangun 15 hektare rest area yang di dalamnya dibangun Masjid Babah Alun, sentra UMKM, dan outlet barang branded seperti di luar negeri.

"Orang bisa datang sambil berdarmawisata sambil berwisata," tandas Jusuf Hamka, dalam pernyataan tersebut.

Disampaikan dia, Tol Cisumdawu tidak hanya menggerakan ekonomi, tetapi berdampak langsung kepada harga tanah di sekitar yang bakal beranjak naik. "Jadi multiplier effect-nya untuk kebangkitan ekonomi kita," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: