LUAR BIASA! Proyek Sangkuriang Jembatan Gunung Puyuh Tol Cisumdawu Hampir Jadi

LUAR BIASA! Proyek Sangkuriang Jembatan Gunung Puyuh Tol Cisumdawu Hampir Jadi

Progres konstruksi Jembatan Gunung Puyuh Tol Cisumdawu yang sudah hampir jadi untuk sisi kanan.-Rochamedia/Ist-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM – Pembangunan Jembatan Gunung Puyuh di Seksi 5B Tol Cisumdawu ibarat proyek Sangkuriang. Pasalnya, pembangunan  akses tersebut dikebut dalam 45 hari kerja.

Hasilnya, Jembatan Gunung Puyuh yang membentang di Seksi 5B Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan sudah hampir tersambung. Bahkan diprediksi pada dua hari ke depan, progresnya jauh lebih signifikan.

Pembangunan Jembatan Gunung Puyuh ini, dilakukan kontraktor yakni PT Girder Indonesia. Sama dengan yang mengerjakan Jebatan Kedondong.

Dari pantauan visual, terlihat sudah 12 deck yang dilakukan pembentonan dan menyisakan sekitar 4 lagi yang belum tersambung. 

BACA JUGA:WASPADA! Majalengka Bakal Menerima Limpahan Pemudik dari Cisumdawu dan Cipali

Menariknya, Jembatan Gunung Puyuh ini, berdiri justru bukan di atas sungai. Tetapi di atas tanah urugan. Bahkan, bila pengendara melintas di Jalan Raya Desa Cipelang – Ungkal, di bawa jembatan tersebut ada Box Underpass ke arah Desa Ungkal dan Babakan Asem.

Seperti diketahui, latar belakang pembangunan jembatan tersebut memang bukan karena tebing atau bentangan sungai.

Tetapi karena terjadinya longsor pada area urugan yang disebabkan oleh cuaca ekstrem menjelang akhir Bulan Februari 2023.

Terlihat pada kondisi terkini, pembangunan jembatan tersebut diutamakan untuk selesai pada salah satu sisi yakni untul lajur arah Kertajati.

BACA JUGA:TOL CISUMDAWU Beroperasi saat Mudik, Ini Antisipasi Pengelola Tol Cipali, Pertemuan Lalin Jakarta dan Bandung

Sementara pada sisi kiri atau arah Bandung, nampak masih belum terlalu signifikan pekerjaannya. Besar kemungkinan, hal ini berkaitan dengan target fungsional untuk mudik.

Di Seksi 5B, selain pembangunan jembatan juga masih dilakukan finishing dan pemasangan median road barrier di STA 51+000 atau Dusun Banas Banten, Desa Babakan Asem.

Terlihat pembetonan badan jalan sudah hampir rampung di sisi arah Kertajati, Majalengka. Sedangkan di sisi kiri arah Bandung sebagian masih berupa tanah.

Untuk pembangunan Jembatan Kedondong yang merupakan jembatan terpanjang di Tol Cisumdawu juga kini sudah rampung konstruksi dan masuk tahap pengaspalan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: