POTENSI MACET! Lalu Lintas Tol Cisumdawu dan Cipali Bertemu di Majalengka

POTENSI MACET! Lalu Lintas Tol Cisumdawu dan Cipali Bertemu di Majalengka

Lalu lintas mudik Tol Cipali dan Cisumdawu bertemu di Km 166 Kertajati, Kabupaten Majalengka. Foto hanya ilustrasi. -Astra Tol Cipali-radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Tol  Cisumdawu bakal beroperasi dan menyambung ke Tol Cipali saat mudik lebaran 2023, ada potensi pertemuan arus lalu lintas dari arah Bandung dan Jakarta.

Lokasi pertemuan antara lalu lintas Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan dan Cikopo Palimanan, ada di Km 152, Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka.

Di lokasi ini, kendaraan dari arah Jalan Tol Cisumdawu yang keluar via Gerbang Tol Ujung Jaya Utama akan bertemu dengan lalu lintas dari arah Jakarta di Junction Dawuan

Terutama kendaraan yang hendak mengarah ke Cirebon dan Jawa Tengah (Jateng). Pengelola Tol Cipali sudah memiliki rencana untuk mencegah terjadinya kepadatan lalu lintas.

BACA JUGA:MENGGELIAT LAGI! 2 Kali Seminggu AirAsia Terbang Kertajati - Kuala Lumpur PP

Termasuk potensi kepadatan karena kendaraan yang masuk ke Rest Area KM 166. Lokasi ini sangat vital, karena Tol Cisumdawu sepanjang 61,135 kilometer belum memiliki Rest Area

Kepala Departemen Traffic and Security ASTRA Tol Cipali, Prayogi Setyo Utomo mengaku, akan mengupayakan kendaraan untuk tidak terjadi konflik di Km 152. Sehingga tidak terjadi kemacetan di lokasi tersebut, seperti yang dikhawatirkan.

Salah satu langkah yang dilakukan adalah memasang barrier sepanjang kurang lebih 300 meter. Sehingga kendaraan yang keluar dari Junction Dawuan akan berjalan di bahu jalan dan tidak menutup laju kendaraan dari arah Jakarta ke Cirebon.

"Lalu lintas dari arah Cisumdawu akan berjalan di bahu jalan, sehingga tidak langsung menutup lajur dari arah Jakarta,” kata Prayogi, dalam keterangan pers tertulis yang diterima radarmajalengka.com, Rabu, 5, April 2023.

BACA JUGA:LUAR BIASA! Proyek Sangkuriang Jembatan Gunung Puyuh Tol Cisumdawu Hampir Jadi

Sementara terkait dengan Rest Area, pihaknya juga akan melakukan antisipasi. Tetapi, sebenarnya pengendara dari arah Jakarta memiliki lebih banyak pilihan. Yakni, Rest Area KM 86, 102, 130 dan 166. 

Tetapi, bila nantinya rest area KM 166 menjadi titik perlambatan arus lalu lintas karna penuh/padat, akan disiagakan Contra Flow dari kilometer 152 sampai dengan 167 agar konsentrasi lalin satu titik terpecah dan lancar.

Sementara terkait penambahan rest area di Tol Cikopo Palimanan, sejauh ini tidak ada penambahan. Sehingga masih sesuai seperti yang ada sekarang ini. 

“Untuk di Tol Cipali tidak ada penambahan rest area sampai dengan info hari ini yang kami terima,” tandas Prayogi, dalam keterangannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: