JAJAL JALUR Mudik Bandung - Majalengka - Cirebon via TOL CISUMDAWU, Beneran Sejam?

JAJAL JALUR Mudik Bandung - Majalengka - Cirebon via TOL CISUMDAWU, Beneran Sejam?

Perjalanan di jalur mudik Bandung - Majalengka - Cirebon via Tol Cisumdawu.-Yuda Sanjaya-radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Tol Cisumdawu dipersiapkan sebagai jalur mudik Bandung - MAJALENGKA - Cirebon pada Lebaran 2023 tepatnya 15 April.

Bahkan, Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono menginginkan lebih cepat yakni 14 April sudah dibuka.

Lalu bagaimana perjalanan atau jalur mudik Bandung - Majalengka - Cirebon via Tol Cisumdawu? Apakah benar satu jam sampai?

Wartawan radarmajalengka.com beberapa kali sudah mencoba jalur ini. Hasilnya, perjalanan dari Bandung ke Cirebon tepatnya dari Jl Soekarno Hatta sampai ke Jl Perjuangan, Kota Cirebon butuh waktu 2 jam 50 menit.

BACA JUGA:Bandara Kertajati Melayani Tujuan Penerbangan Mana Saja? Simak Rute Domestik dan Internasional dan Jadwal Beri

Kondisi ini, dikarenakan Tol Cisumdawu yang dibuka baru sampai Seksi 3 atau keluar di Gerbang Tol Cimalaka, Kabupaten Sumedang.

Pada perjalanan yang dimulai dari Jl Soekarno Hatta, Kota Bandung waktu tempuh diperkirakan adalah 2 jam 20 menit.

Mulanya perjalanan lancar termasuk ketika masuk ke titik awal Tol Cisumdawu via GT Cileunyi, Kabupaten Bandung.

Lalu lintas di dalam tol relatif masih lengang, terutama setelah Seksi 1 sampai dengan 3 sudah dikenakan tarif yakni Rp 41.500 untuk kendaraan Golongan I mulai dari Cileunyi - Cimalaka.

BACA JUGA:WOW MANTAP! Lion Air Terbang dari Bandara Kertajati 15 April, AirAsia 17 Mei, Simak Infonya di Sini

Dengan jalan yang menanjak dan menurun juga terdapat beberapa kelokan, sebenarnya tol ini cukup nyaman dilintasi.

Kelokan tidak setajam di Tol Cipularang, begitu juga tanjakan dan turunan tidak seperti di ruas tol legendaris penghubung Bandung - Jakarta itu.

Perjalanan dari Cileunyi ke Cimalaka yang disuguhi pemandangan terowongan kembar, berjarak sekitar 32,55 kilometer dan waktu tempuh sekitar 35 menit. 

Kemudian keluar di Gerbang Tol Cimalaka dan melanjutkan via Jalan Cirebon - Bandung via Kadipaten dengan jarak tempuh 35 kilometer.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: