BUTUH KEAJAIBAN! 3 Lokasi Ini Bikin Ragu TOL CISUMDAWU Bisa Dipakai Mudik Lebaran, Lihat Saja

BUTUH KEAJAIBAN! 3 Lokasi Ini Bikin Ragu TOL CISUMDAWU Bisa Dipakai Mudik Lebaran, Lihat Saja

Terdapat 3 lokasi di Tol Cisumdawu yang membuat ragu dapat digunakan saat mudik lebaran.-Rochamedia/Ist-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Hingga 12 hari lagi jelang dioperasikan untuk mudik lebaran 2023, Tol Cisumdawu masih belum menunjukkan tanda-tanda selesai. 

Bahkan, butuh keajaiban lantaran setidaknya ada 3 lokasi di proyek Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan yang masih dalam tahap konstruksi.

Ketiga lokasi tersebut sebelumnya juga sempat disinggung Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono saat melakukan peninjauan ke Jalan Tol Cisumdawu seksi 4, 5 dan 6.

Kemungkinan besar, pada 3 lokasi yang dimaksud akan diselesaikan hanya satu jalur yakni dari arah Bandung ke Majalengka. Tepatnya di area Seksi 5, Kecamatan Conggeang, Kabupaten Sumedang.

BACA JUGA:Target TOL CISUMDAWU untuk Mudik Diragukan, Seksi 5 Ada yang Masih Tanah

Sebagai informasi, Seksi 5 memiliki panjang jalan 14,90 kilometer yang dibagi 2 yakni Seksi 5A dan Seksi 5B yang terhubung langsung ke Seksi 6 Ujung Jaya atau ruas akhir dari tol sepanjang 60 kilometer tersebut.

Pada area ini, proyek berharapan dengan kondisi medan yang berat yakni tanah labil dan berair. Sehingga konstruksi yang dibutuhkan berbeda dengan lainnya.

Bahkan, terjadi perubahan konstruksi yang di luar rencana sebelumnya, yakni pembangunan jembatan di Seksi 5B, Desa Babakan Asem.

Pembangunan jembatan ini, lantaran lokasi tersebut terus menerus terjadi longsor atau pergerakan tanah dan tidak bisa ditangani dengan memperkuat urugan.

BACA JUGA:TOL CISUMDAWU dan Cipali Tersambung saat Mudik, Isi Full Tank BBM, 60 Km Tanpa Rest Area

Kendati demikian, Menteri PUPR tetap yakin bahwa Jalan Tol Cisumdawu dapat digunakan untuk mudik, dengan 3 lokasi tersebut diprioritaskan selesai 1 jalur lebih dahulu. 

Ketiga lokasi yang dimaksud ada di Seksi 5 Kecamatan Conggeang, Kabupaten Sumedang, yakni, Seksi 5A di Sta 40+200 dan Sta 45+050 serta Seksi 5B di Sta 51+000.

Karenanya, pekerjaan pun difokuskan untuk penyelesaian di ruas ini. Apalagi terjadi perubahan konstruksi dari jalan menjadi jembatan di Seksi 5B dengan waktu kerja 45 hari  terhitung akhir Februari 2023.

Berikut 3 lokasi di Tol Cisumdawu yang kemungkinan akan diselesaikan sebagian untuk mengejar target mudik lebaran:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: