TOL CISUMDAWU dan Cipali Tersambung saat Mudik, Isi Full Tank BBM, 60 Km Tanpa Rest Area

TOL CISUMDAWU dan Cipali Tersambung saat Mudik, Isi Full Tank BBM, 60 Km Tanpa Rest Area

Tol Cisumdawu dan Cipali akan tersambung saat arus mudik lebaran 2023.-Yuda Sanjaya-radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Jalan Tol Cisumdawu akan terhubung dengan Tol Cipali pada arus mudik lebaran 2023. Diperkirakan pada tanggal 15 April, seluruh ruas sudah beroperasi penuh dan dapat digunakan pemudik.

Rencana beroperasinya Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan diungkapkan Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono saat melakukan kunjungan lapangan pada pekan lalu. 

Menurut Basuki, Jalan Tol Cisumdawu dan Tol Cipali akan terhubung dan membantu kelancaran arus mudik lebaran. Dirinya yakin, ruas tol sepanjang 61,385 kilometer itu, dapat digunakan.

Di sisi lain Tol Cisumdawu yang beroperasi penuh secara fungsional, belum dilengkapi dengan rest area maupun perlengkapan lainnya. Bahkan 1 gerbang tol dan 1 interchange kemungkinan belum bisa digunakan.

BACA JUGA:TERBARU! Lokasi Longsor TOL CISUMDAWU di Seksi 5B, Target Mudik Terancam

Yakni, Gerbang Tol Paseh dan Interchange Legok - Paseh yang masih dalam tahap pembangunan. Begitu juga rest area yang rencananya akan dibangun di 2 lokasi.

Karenanya, pengemudi harus bersiap betul dengan kecukupan bahan bakar minyak (BBM), mengingat tol sepanjang 60-an kilometer itu, belum terdapat rest area. 

Saat Tol Cisumdawu dan Cipali terhubung, nantinya rest area terdekat ada di Kilometer 166 Dawuan, Kabupaten Majalengka yang merupakan rest area pertama ke arah Cirebon.

Lokasi rest area ini, sekitar 10 kilometer dari Junction Dawuan yang merupakan titik akhir dari Tol Cisumdawu di Kilometer 152 Tol Cipali.

BACA JUGA:WADUH! Curah Hujan Tinggi, TOL CISUMDAWU Longsor Lagi

Rencana Rest Area

Pembangunan Rest Area Tol Cisumdawu sebenarnya sudah diungkapkan jauh-jauh hari oleh Presiden Direktur PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT), M Jusuf Hamka. Yakni, di dekat Terowongan Kembar dan 1 lagi belum ditentukan lokasinya. 

Namun, menurut Jusuf Hamka 1 rest area Tol Cisumdawu akan dibuat dengan fasilitas bintang 5 dan memiliki pemandangan 2 gunung di Jawa Barat yakni Gunung Tampomas dan Ciremai.

Menilik informasi tersebut, rest area dimaksud kemungkinan berada di sekitar Seksi 5, Kecamatan Conggeang yang memiliki pemandangan kedua gunung tersebut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: